21 Juni 2013

Migrasi Monarch 'Perkasa'


Monarch. Ya, kupu-kupu Halloween ini sungguh indah dipandang. Kecantikannya membuat kita tentu tertarik untuk mengenal lebih jauh Kupu-kupu Danaus Plexippus ini. Tapi tahukah teman-teman semua, bahwa hewan ini memiliki rahasia besar? Bayangkan saja, setiap tahun kupu-kupu ini menempuh perjalanan yang luar biasa ; terbang pergi-pulang sejauh 8.000 km untuk menghabiskan waktu musim dingin di tempat yang hangat dan nyaman! Kupu-kupu 'perkasa' ini mengajarkan kita  bahwa,

"Yang kecil dapat melakukan apa yang tidak dapat dilakukan yang besar."


Pada musim panas, kupu-kupu Monarch dapat ditemukan di benua Amerika Utara, sampai Kanada dan di seluruh Amerika Serikat. Namun saat musim dingin hampir datang, mereka terbang jauh ke Selatan dan tinggal di daerah terpencil seperti lereng tinggi yang curam di pegunungan Meksiko. Kupu-kupu Monarch dapat mencapai kecepatan 56 km/jam dan mampu terbang hingga 426 km dalam satu hari. Perhatikan, hal tersebut lebih jauh daripada pelari ultramaraton terbaik!

Mereka terbang dan menemukan 'rumah sementara' mereka di ketinggian lebih dari 3.000 m, di hutan yang  lebat, gelap, sunyi, dan tersembunyi dari para predator mereka. Pada musim semi, mereka terbang kembali menuju utara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar