20 Juni 2013

Pulsar


Bintang yang meledak sebagai Supernova mengakhiri hidupnya sebagai bintang kecil yang disebut Pulsar. Disebut begitu karena bintang ini berdenyut, atau mengeluarkan getaran energi. Ahli astronomi berpendapat, pulsar berputar sangat cepat dan mengeluarkan gelombang energi cahaya yang kecil. Di bumi, kita melihat getaran energi ini ketika sinarnya melewati kita.

Pulsar adalah bintang neutron yang berotasi dengan cepat, yang merupakan sisa yang tertinggal dari kematian sebuah bintang masif. Para astronom telah mengkatalogkan sekitar 1.800 pulsar. Kebanyakan diataranya memancarkan denyut dalam gelombang radio namun ada juga yang melepaskan energi dalam bentuk lain seperti cahaya kasat mata dan sinar-x. Pulsar ditemukan oleh ahli astronomi radio Cambridge, Anthony Hewish dan asistennya Jocelyn Bell dalam tahun 1967.

Pulsar ganda memiliki medan gravitasi yang sangat kuat. Menurut prediksi Einstein, dalam medan yang sangat kuat tersebut, sumbu rotasi objek akan mengalami presesi dan berubah arahnya secara perlahan saat pulsar tersebut mengorbit pulsar pasangannya. Sayangnya, pulsar terlalu kecil dan juga terlalu jauh untuk dapat diamati gerakannya secara langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar