20 Juni 2013

Merkurius



Merkurius adalah planet yang paling dekat dengan matahari. Planet ini mampu mengelilingi matahari dalam kurun waktu 88 hari. Karena sedemikiannya dekat dengan matahari, Merkurius menjadi sangat panas. Permukaannya ditutupi ribuan kawah, sehingga lebih terlihat seperti bulan.

Merkurius adalah planet berbatu paling kecil seperti bumi. Dengan diameter hanya 4.880 kilometer, ukurannya kurang dari setengah ukuran bumi. Planet pluto yang merupakan bola batu dan es yang sangat beku, ukurannya masih lebih kecil lagi.

Hampir semua planet memiliki orbit keliling matahari yang hampir bulat. Namun orbit merkurius berbentuk oval. Kadang-kadang, planet ini bergerak sejauh 70 juta kilometer dari matahari. Di lain waktu, planet ini bergerak sejauh 46 juta kilometer.


Selama bergerak mengelilingi matahari, merkurius berputar sangat lambat pada porosnya, sehingga satu titik di permukaannya bisa menghadap matahari selama hampir 6 bulan! Jarak yang sangat dekat dengan matahari membuat merkurius disinari matahari dalam waktu yang lama, sehingga temperatur permukaannya melonjak sampai 430 derajat celcius. Temperatur ini cukup panas untuk melelehkan timah.

Miliaran tahun lalu, semua planet dihujani meteori-meteorit raksasa. Di bumi, kawah-kawah akibat tumbukkan meteorit sudah hilang akibat kekuatan cuaca. Merkurius tidak memiliki cuaca karena disana hampir tidak ada atmosfer. Jadi, kawah yang terbentuk pada zaman dulu masih tetap ada dan memenuhi seluruh planet. Satu kawah raksasa yang bernama Caloris Basin, terbentuk oleh meteor raksasa yang mengakibatkan gelombang kejut ke seluruh planet.


Hanya satu penyelidik angkasa yang pernah diterbangkan untuk menjelajahi merkurius. Namanya adalah  Mariner 10, yang terbang menuju merkurius pada tahun 1974, setelah mengunjungi venus. Gambar yang dikirimnya pertama kali mengungkap bahwa merkurius tampak seperti bagian bulan. Mariner 10 terbang melewati merkurius sebanyak 2 kali lagi. Pada penerbangan terakhir di bulan Maret 1975, penyelidik ini meluncur hanya dalam jarak 300 kilometer dari permukaan merkurius.

1 komentar: