06 Desember 2016

The Lost One's Weeping & Terjemahannya


Hawatari suu senchi no fushinkan
Ageku no hate joumyaku wo sashichatte
byoujaku na ai ga tobidasu monde  
Resu pooru sae mo kyouki ni kaete shimaimashita

(Sebuah pisau ketidakpercayaan
Akhirnya menembus pembuluh darah
Cinta yang lemah ini tiba-tiba muncul
Bahkan mampu mengubah tonggak menjadi senjata yang mematikan)

Noo fikushon

(Ini bukanlah cerita fiksi)

Suugaku to rika wa suki desu ga 
Kokugo ga doumo dame de kirai deshita 
Tadashii no ga doreka nayande irya  
Doremo fuseikai to iu ochi deshita

(Aku menyukai matematika dan ilmu pengetahuan
Karena aku kesulitan dalam bahasa, maka aku membencinya
Namun jika aku terus mengkhawatirkan mana yang benar,
Aku justru merasa keduanya akan berakhir dengan kesalahan)

Honjitsu no shukudai wa mukosei na boku no koto 
Kafusoku nai fujiyuu nai saikin ni ikite ite  
Demo doushite bokutachi wa tokidoki ni iya mainichi  
Kanashii tte iunda sabishii tte iunda

(Tugas hari ini berkaitan denganku yang tidak memiliki kepribadian
Sudah cukup, aku puas, aku telah memulai hidup
Tapi mengapa kita terkadang—tidak! Selalu!
Selalu mengatakan bahwa kita bersedih? Mengatakan bahwa kita kesepian?)

Kokuban no kono kanji ga yomemasu ka 
Ano ko no shinshou wa yomemasu ka 
Sono kokoro wo kuroku someta no wa 
Oi dare nanda yo  oi dare nanda yo  

(Dapatkah kamu membaca kanji di papan tulis?
Dapatkah kamu membaca imajinasi anak itu?
Siapa yang membuat hatinya menjadi gelap?
Hey, siapa dia? Hey, siapa dia?!)

Soroban de kono shiki ga tokemasu ka 
Ano ko no kubi no wa mo tokemasu ka 
Bokutachi kono manma de iindesu ka 
Oi dou sunda yo  mou dou datte ii ya

(Dapatkah kamu memecahkan persamaan ini?
Dapatkah kamu merenggangkan tali yang berada disekitar leher anak itu?
Apakah semua akan baik-baik saja jika kita tetap seperti ini?
Hey, apa yang seharusnya aku lakukan? Itu sudah tidak penting lagi!)

Itsumade tattatte bokutachi wa 
Zonzai na saimin ni yotte ite    
Doushiyou mo nai kurai no kyougou wo 
Zutto kakumatte itanda

(Tidak peduli berapa banyak waktu yang terlewati,
Kita kerap kali lupa diri oleh suatu dorongan
Aku selalu bersembunyi dengan putus asa
Dibalik keangkuhan dari kekuasaan yang sudah tidak kumiliki lagi)

Sakujitsu no shukudai wa aikawarazu tokenai ya 
Kafusoku nai fujiyuu nai saikin ni ikite ite 
Demo doushite bokutachi no munamoto no katamari wa  
Kietai tte iunda shinitai tte iunda

(Seperti biasa, aku tidak bisa memecahkan tugas kemarin
Sudah cukup, aku puas, aku telah memulai hidup
Namun mengapa iblis didalam kita,
Mengatakan bahwa ‘kita ingin menghilang’? Mengatakan bahwa ‘kita ingin mati’?)

Kokuban no kono kanji ga yomemasu ka 
Ano ko no shinshou wa yomemasu ka 
Sono kokoro wo kuroku someta no wa 
Oi dare nanda yo oi dare nanda yo

(Dapatkah kamu membaca kanji di papan tulis?
Dapatkah kamu membaca imajinasi anak itu?
Siapa yang membuat hatinya menjadi gelap?
Hey, siapa dia? Hey, siapa dia?!)

Soroban de kono shiki ga tokemasu ka 
Ano ko no kubi no wa mo tokemasu ka 
Bokutachi kono manma de iindesu ka 
Oi dou sunda yo oi dou sunda yo

(Dapatkah kamu memecahkan persamaan ini?
Dapatkah kamu merenggangkan tali yang berada disekitar leher anak itu?
Apakah semua akan baik-baik saja jika kita tetap seperti ini?
Hey, apa yang seharusnya aku lakukan? Apa yang seharusnya aku perbuat?)

Menseki hi no koushiki iemasu ka 
Kodomo no toki no yume wa iemasu ka 
Sono yume sura dobu ni suteta no wa 
Oi dare nanda yo mou shittendaro

(Dapatkah kamu menguraikan rumus perbandingan suatu tempat?
Dapatkah kamu menceritakan mimpimu ketika kecil?
Siapa yang menyia-nyiakan mimpi itu?
Hey, siapa dia? Aku telah mengetahuinya)

Itsu ni narya otona ni naremasu ka 
Somosomo otona to wa ittai zentai nan desu ka 
Donata ni ukagaeba iindesu ka 
Oi dou sunda yo mou dou datte ii ya

(Kapan kau akan tumbuh dewasa?
Apa sebenarnya yang dimaksud dengan 'tumbuh dewasa' itu?
Kepada siapa seharusnya aku bertanya?
Hey, apa yang seharusnya aku lakukan? Itu sudah tidak penting lagi!)

> sekadar memberitahu, terjemahan ini saya selesaikan sendiri. Jadi jika teman-teman semua berkeinginan untuk mem-posting kembali, harap disertakan sumbernya ya! <

4 komentar:

  1. ini sudah memenuhi kata cukup bagiku ntuk mengerti maknanya.Arigatou Gozaimashita~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, senangnya bisa membantu! Terimakasih kembali~

      Hapus
  2. Kalau di negara kita sebaliknya susah di matematika gampang di bahasa :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi mirisnya bangsa kita adalah Bahasa Indonesia nilainya lebih jelek daripada Bahasa Asing XD

      Hapus