12 Januari 2019

Musim Penyakit




Mengapa musim flu terjadi pada  musim dingin? Mengapa pada umumnya lebih banyak orang menderita sakit pada musim dingin?


Memang sering menjadi tanda tanya. Musim dingin kerap kali dipandang sebagai ajang pertempuran tubuh kita melawan berbagai macam penyakit. Persoalan sakit di musim dingin bukan tentang kaki yang dingin atau kepala yang basah terkena hujan. Menurut para ahli, fakta bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang menyukai kehangatan adalah faktor utama. Ingat! Kehangatan bukan kepanasan!

Ketika cuaca dingin, penularan penyakit seperti pilek dan influenza cenderung mulai terjadi pada bulan-bulan selama musim dingin, ketika orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu bersama dengan jarak berdekatan di dalam ruangan yang tertutup rapat untuk mendapatkan kehangatan.

Bulan-bulan dingin juga menyebabkan anak-anak menjadi perantara yang dikenal baik oleh bakteri dan virus, di mana mereka dapat terinfeksi dan membawa kuman ke rumah lalu menularkannya kepada seluruh keluarga.

Di wilayah bagian utara bumi, awal musim dingin juga berarti liburan. Jabat tangan serta penggunaan barang-barang bersama juga dapat membantu penularan kuman-kuman penyakit, yang sebagian berkelana dalam partikel-partikel yang terbang di udara yang terhirup. Sebagian yang lain juga ada yang menyebar melalui hewan yang terserang penyakit atau berbagai kontak langsung dengan si penderita.



Sumber : ‘Illustrated Encyclopedia of Science and Technology’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar