20 Juni 2013

Dibalik Indahnya Lavender


Bunga yang satu ini tentu tidak begitu asing di telinga kita. Bunga ini sangat menarik untuk dinikmati dengan mata. Warna ungunya yang khas seperti memberi perasaan damai kepada siapapun yang memandangnya. Tak heran tanaman ini banyak ditemukan di benua Eropa. 

Yup, benar sekali! Perancis! Bisa dibilang Perancis adalah kampung halamannya Lavender karena memang jumlahnya banyak disana ; lagipula tanaman Lavender ini sudah sejak dulu dibudidayakan oleh sebagian besar rakyat Perancis. Bunga cantik ini termasuk dalam kategori rerumputan.

Bunga Lavender sering dimanfaatkan manusia sebagai obat pengusir nyamuk maupun sebagai terapi susah tidur. Bahkan lavender dapat digunakan untuk alat kecantikan dan minyak gosok.

Tanaman ini mengandung senyawa linalool asetat yang mampu mengendorkan dan melemaskan sistem kerja urat-urat syaraf dan otot-otot yang tegang. Linalool dan linalyl asetat adalah komponen utama dari minyak atsiri  banyak diketahui memiliki beberapa aktivitas biologis, disebabkan senyawa monoterpen.

Ada dua cara untuk menggunakan Lavender sebagai obat pengusir nyamuk. Pertama, bunga lavender direbus dan kemudian air rebusan disaring lalu dioles ke seluruh tubuh. Yang kedua adalah dengan menaburkan bunga lavender tersebut ke sekitar kita, maka nyamuk akan menjauhi kita. Jika menginginkan cara yang lebih mudah, silahkan membeli langsung kemasan Lavender lotion anti nyamuk yang biasa dijual di pasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar