15 April 2024

Menikmati Film : Edisi Horor! — Februari 2023

 

Februari adalah bulan yang 'katanya' penuh dengan cinta, maka dirasa adalah hal yang tepat jika mengisi tontonan bulan ini dengan berbagai film bergenre romansa. Namun tentu saja saya mempunyai pemikiran lain, dimana kali ini saya menikmati bulan ini dengan total 23 film yang sebagiannya adalah bergenre horor. Salah satu andalan saya tentu saja adalah seri The Conjuring Universe

Penasaran dengan apa sajakah itu? Ayo kita lihat bersama!

1. INSIDIOUS : CHAPTER 2

Judul   :Insidious : Chapter 2
Genre   :Horor, Thriller
Tahun   :2013
Jenis   :Film

Insidious : Chapter 2 adalah sekuel dari film Insidious sebelumnya. Disini teman-teman dapat mengetahui masa lalu dari Josh Lambert, ayah dari Dalton Lambert yang kita lihat di film pertamanya. Berdasarkan penilaian saya pribadi film pertamanya masih lebih baik, namun seri kedua ini menguak lebih banyak misteri dibanding film pertamanya. Jika di Insidious saya terbayang-bayang dengan sang hantu berwajah merah-jingga yang muncul secara tiba-tiba dibelakang Josh serta lagu 'Tiptoe Through The Tulips' yang terkenal ketika dimainkan saat sosok hantu anak berwajah orang tua menari di salah satu ruangan, maka di Insidious : Chapter 2 ini saya terbayang-bayang dengan ibu dari Parker Crane yang memarahi putranya untuk berpenampilan dan bertingkah seperti perempuan dengan berteriak, "MY NAME IS MARILYN!"

2. INSIDIOUS : CHAPTER 3

Judul    :Insidious : Chapter 3
Genre    :Horor, Thriller
Tahun    :2015
Jenis    :Film

Insidious : Chapter 3 ini merupakan prekuel dari 2 film sebelumnya. Disini Elise masih hidup dan entitas utamanya adalah seorang berpakaian khas pasien rumah sakit dengan alat bantu napas, sementara yang menjadi tokoh utamanya adalah seorang gadis muda yang mengalami kelumpuhan karena mengalami kecelakaan. Sang gadis merasakan ada sesuatu yang tak berwujud ingin berkomunikasi dengannya dan berpikir bahwa itu adalah sang ibu yang telah wafat, namun ternyata itu adalah entitas jahat yang juga mencelakainya sebelumnya. Disini kita juga dapat melihat bagaimana pertemuan awal antara Elise dengan Specs dan Tucker, dua pemburu muda yang kita lihat di 2 film sebelumnya. Walau secara penilaian pribadi film ini masih dibawah kedua kakaknya, namun seri Insidious tidak pernah membosankan untuk dinikmati!

3. THE NUN

Judul   :The Nun
Genre   :Horor, Thriller
Tahun   :2018
Jenis   :Film

Sejauh yang saya ketahui, The Nun adalah seri Conjuring Universe yang wajib ditonton pertama kali berdasarkan urutan kejadian. Saat pojok ini dibuat, film keduanya sudah tayang satu tahun sebelumnya, namun kronologisnya terjadi setelah film The Nun ini. Film ini bercerita tentang entitas jahat yang mengambil wujud seorang biarawati, dimana selanjutnya Vatikan mengirimkan seorang Pastor dan seorang Suster untuk menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi pada biara tersebut. Film ini mengambil latar belakang sekitar tahun 1952 di Rumania. Bagian paling berkesan dari film ini adalah adegan pembuka saat warga lokal menemukan jenazah seorang biarawati yang tergantung di depan biara serta saat sang Pastor dikubur hidup-hidup.

4. ANNABELLE : CREATION

Judul    :Annabelle : Creation
Genre    :Horor, Suspense, Thriller
Tahun    :2017
Jenis    :Film

Ini adalah seri The Conjuring Universe kedua yang harus dinikmati berdasarkan waktu urut kejadian. Film ini menceritakan bagaimana asal mula pembuatan boneka Annabelle yang terkenal dan seperti apa latar belakangnya. Mungkin teman-teman lebih tahu filmnya yang berjudul Annabelle dibandingkan Annabelle : Creation yang satu ini karena memang secara teknis, film utama seri Annabelle tersebut rilis 3 tahun sebelumnya - jadi dapat dikatakan bahwa Annabelle : Creation ini adalah prekuel dari Annabelle yang dirilis pada tahun 2014. Menurut penilaian pribadi saya, film ini menampilkan nuansa horor dan cerita yang menarik untuk dinikmati. Walau alurnya terkesan mudah ditebak , namun penyampaiannya membuat kita tidak bosan untuk menontonnya sampai akhir.

5. ANNABELLE

Judul    :Annabelle
Genre    :Horor, Suspense, Thriller
Tahun    :2014
Jenis    :Film

Annabelle adalah salah satu seri The Conjuring Universe yang sangat terkenal, bahkan boneka ini kerap dibandingkan dengan sang senior Chucky - walau nyatanya kedua boneka ini memiliki alur cerita yang cukup berbeda (saya sendiri tidak berani menonton Chucky~). Annabelle adalah cerita utama dalam trilogi Annabelle (setidaknya sampai pojok ini dibuat). Menurut saya pribadi, penyajian nuansa horornya sudah cukup baik walau tidak semenarik prekuelnya. Sedikit intermezzo, saya agak takut untuk mencantumkan poster film Annabelle ini karena bonekanya yang menurut saya terlihat menakutkan. Karena itu saya memutuskan untuk mencari poster film yang hanya menampilkan tulisannya saja (seperti diatas). Maafkan saya yang begitu pengecut T_T

6. THE CONJURING

Judul    :The Conjuring
Genre    :Horor, Suspense, Thriller
Tahun    :2013
Jenis    :Film

Siapa yang tidak tahu The Conjuring? Film ini merupakan karya yang pertama rilis dalam The Conjuring Universe dengan kesuksesan besar sebagai hasilnya. Berlatar 4 tahun sejak kejadian Annabelle sebelumnya, kali ini investigator paranormal Ed dan Lorraine Warren membantu keluarga Perron terkait entitas jahat yang mendiami rumah baru mereka. Sebagai perbedaan untuk saya agar mampu mengingat kembali alur pada film ini dibandingkan 2 seri The Conjuring lainnya, saya memberikan atensi khusus - bahwa roh jahat disini merasuki sang ibu, berbeda dengan dua film lainnya. Dan melihat posternya saja, teman-teman pasti ingat dengan adegan saat Lorraine melihat 'sesuatu' melayang dibelakang sang suami tepat dibawah pohon besar dimana tergantung tali tambang tersebut~

7. ANNABELLE : COMES HOME

Judul    :Annabelle : Comes Home
Genre    :Horor, Suspense, Thriller
Tahun    :2019
Jenis    :Film

Annabelle : Comes Home adalah bagian terakhir dari trilogi Annabelle sekaligus sekuel dari cerita utamanya. Film ini berlatar waktu 1 tahun sejak kejadian The Perron Family sebelumnya dalam The Conjuring. Jujur saja, saya cukup terbawa emosi saat menonton film yang satu ini. Bagaimana tidak - salah satu karakter disini dengan bodohnya membuka 'segel' Annabelle dan membiarkan roh jahat itu keluar, sekalipun telah diperingatkan untuk tidak memasuki 'ruang penyimpanan' Ed dan Lorraine Warren. 'Rasa penasaran dapat membunuhmu' ; mungkin ini peribahasa yang tepat untuk karakter tersebut. Saya sampai berpikir, "Mengapa karakter bodoh seperti ini tidak 'end game' saja? Menyusahkan!". Tapi harus saya akui, kebodohan itulah yang membuat film ini menjadi menarik ; walau saya pribadi menempatkan Annabelle : Comes Home menjadi film terbawah di seri Annabelle - bahkan di seluruh seri The Conjuring Universe.

8. THE CURSE OF LA LLORONA

Judul    :The Curse Of La Llorona
Genre    :Horor, Suspense, Thriller
Tahun    :2019
Jenis    :Film

Kali ini The Curse Of La Llorona mengambil latar pada tahun 1973, satu tahun setelah insiden Annabelle : Comes Home sebelumnya. Saya baru tahu ada film ini saat mengecek seri The Conjuring Universe, karena itu saya memutuskan untuk menontonnya agar urut waktu menjadi sesuai. La Llorona merupakan salah satu 'legenda' asal Meksiko, dimana dalam film ini dikisahkan bahwa La Llorona adalah sosok hantu wanita berupa seorang ibu yang telah membunuh anaknya dengan cara menenggelamkannya di sungai. Untuk saya pribadi, cerita ini lebih membuat saya merasa sedih dibandingkan takut.

9. THE CONJURING 2 : THE ENFIELD POLTERGEIST

Judul    :The Conjuring 2 : The Enfield Poltergeist
Genre    :Horor, Suspense, Thriller
Tahun    :2016
Jenis    :Film

Dari semua seri The Conjuring Universe, saya pribadi paling menikmati The Conjuring 2 : The Enfield Poltergeist ini! Kembali bercerita tentang penyelidikan Ed dan Lorraine Warren, kali ini keduanya singgah di kediaman The Hodgsons Family. Salah satu anak dari keluarga ini mengalami kejadian mistis yang berujung pada keterlibatan seluruh keluarga, dan bahkan yang lebih membuat film ini menjadi semakin menarik ditonton adalah kehadiran si hantu biarawati dari seri pertama Universe ini - The Nun - yang mana disini akhirnya kita mengetahui siapa nama hantu biarawati tersebut. Ada satu kutipan yang saya suka dari film ini, diucapkan oleh sang anak yang menjadi 'korban' kepada Ed dan Lorraine setelah berhasil menyelamatkannya ; "Betapa beruntungnya aku. Kau bilang satu orang bisa mengubah segalanya, dan aku punya dua."

10. THE CONJURING 3 : THE DEVIL MADE ME DO IT

Judul :The Conjuring 3 : The Devil Made Me Do It
Genre :Horor, Suspense, Thriller
Tahun :2021
Jenis :Film

Jujur saja, saya cukup sedih saat menonton bagian pembuka dari film ini - adegan dimana Ed dan Lorraine Warren melakukan eksorsime kepada David, seorang anak yang usianya berkisar 8-10 tahun. The Conjuring 3 : The Devil Made Me Do It ini diadaptasi dari kisah nyata, dimana kejadian utamanya berkaitan dengan kasus pengadilan terhadap seorang bernama Arne Johnson di Connecticut pada tahun 1981. Disini diceritakan bagaimana Arne melakukan pembunuhan dan bersaksi di pengadilan bahwa ia melakukannya dalam kondisi dibawah pengaruh kekuatan jahat. Kasus ini menjadi pengadilan pertama di Amerika yang menjadikan 'kerasukan roh jahat' sebagai alasan pembelaan di persidangan. Sejauh yang saya ketahui, Netflix juga memiliki satu film dokumenter terkait perkara ini (saya lupa judulnya) dan mungkin bisa dijadikan referensi. Bagaimanapun juga, The Conjuring 3 : The Devil Made Me Do It telah menyusun film ini sedemikian rupa menjadi horor, sementara film berjenis dokumenter tentunya mempunyai sudut pandang yang jauh lebih luas karena tidak hanya berkutat di sekitar dunia supranatural saja.

11. SPONGEBOB SQUAREPANTS : SEASON 1

Judul :Spongebob Squarepants : Season 1
Genre :Keluarga, Komedi
Tahun :1999
Jenis :Series (20) - Animasi

Spongebob Squarepants : Season 1 hadir untuk 'mencerahkan' hati dan pikiran saya setelah menikmati total 10 film sebelumnya yang bergenre horor - setidaknya sedikit komedi akan mengurangi rasa takut saya~ Sebenarnya animasi anak terkenal milik Nickelodeon ini sudah saya tonton sejak bulan Januari sebelumnya, namun beberapa episode terakhir (total keseluruhan untuk season ini berjumlah 20 episode) baru saya selesaikan setelah The Conjuring 3 diatas. Karena ini adalah musim pertamanya, maka tidak mengherankan jika grafiknya terlihat lebih 'jadul' dibandingkan season yang keluar sekarang. Kalau teman-teman ada yang menyukai episode 'F.U.N.' dimana Spongebob dan Plankton bernyanyi bersama, maka itu ada di season ini - lebih tepatnya di episode 10!

12. LAMPOR : KERANDA TERBANG

Judul :Lampor : Keranda Terbang
Genre :Horor
Tahun :2019
Jenis :Film

Lampor : Keranda Terbang menjadi film horor Indonesia pertama yang saya nikmati sejak kolom 'Menikmati Film' dibuat. Kisah ini dibuat berdasarkan mitos lokal dari Pulau Jawa, sehingga kengeriannya mungkin akan lebih terasa bagi teman-teman yang memang tahu akan legendanya. Namun jujur saja, saya tidak begitu menikmati film ini. Suasana horornya sudah baik, namun rasanya masih bisa ditingkatkan lagi. Saya sangat mengapresiasi film horor lokal kita di generasi sekarang. Saya ingat dulu film horor lokal kita sangat 'berantakan'. Bersyukur karena sekarang tim produksi kita lebih mengedepankan jalan cerita dan kualitasnya, dan saya mengapresiasi Lampor : Keranda Terbang karena telah memberikan yang terbaik untuk kemajuan film horor lokal kita!

13. ASIH

Judul   :Asih
Genre   :Horor
Tahun   :2018
Jenis   :Film

Jika sebelumnya kita telah bertandang ke The Conjuring Universe, maka kali ini saya akan membawa teman-teman ke Danur Universe. Diangkat dari kisah nyata Risa Saraswati, Asih menjadi film horor lokal dari seri ini yang wajib ditonton pertama kali berdasarkan urut waktu kejadian. Suasananya mencekam dan penuh kengerian, sungguh sebuah jalan cerita yang bagus untuk dinikmati. Jika teman-teman sebelumnya pernah menonton Danur, maka film Asih ini mengambil latar belakang waktu 37 tahun sebelum film utama tersebut. Untuk yang penasaran dengan hantu perempuan yang ada di film Danur, maka saya sangat merekomendasikan film ini untuk ditonton pertama kali sebagai gambaran awal sejarahnya. Saya mengapresiasi akting para pemainnya karena berhasil menghasilkan nuansa horor yang baik.

14. GENERASI MICIN : VS KEVIN

Judul   :Generasi Micin : vs Kevin
Genre   :Komedi, Drama
Tahun   :2018
Jenis   :Film

Sebagai salah satu youtuber favorit saya dulu, tentu saja Generasi Micin : vs Kevin adalah salah satu tontonan yang harus saya nikmati. Walaupun menurut saya filmnya 'garing kriuk kriuk gurih', namun komedinya layak untuk ditonton bersama keluarga. Bercerita seputar kehidupan sekolah, film ini juga menghadirkan beberapa aktor dan aktris yang berhasil mengundang tawa ; sebut saja Kevin Anggara sebagai sang tokoh utama, Morgan Oey yang merupakan mantan anggota boyband lokal kita 'SM*SH', Joshua 'diobok-obok' Suherman, Kiki 'Coboy Junior', Uus 'Stand Up Comedy', dan yang lainnya. Salah satu adegan favorit saya adalah saat para wali murid dipanggil oleh Kepala Sekolah karena anak-anaknya telah melakukan kekacauan dan saya sangat menikmati akting Uus disini! Saya mengapresiasi penjiwaannya yang sangat luar biasa sebagai 'tulang yang jauh-jauh pulang dari perbatasan negara'!

15. HUNTING ALASKAN DINOSAURS

Judul :Hunting Alaskan Dinosaurs
Genre :Dokumenter
Tahun :2022
Jenis :Film

Tidak seperti film dokumenter sebelumnya yang membahas kasus kriminal, kali ini saya memutuskan untuk menikmati dokumenter berburu dinosaurus! Dengan latar tempat di Prince Creek Formation, Alaska, USA, Hunting Alaskan Dinosaurs ini mengajak kita untuk memahami bagaimana dinosaurus dapat bertahan hidup di tempat yang sangat dingin seperti Alaska ini. Berdurasi sekitar 44 menit, kita akan melihat bagaimana para peneliti mempelajari fosil dan pola hidup makhluk purba ini - bagaimana cara mereka mencari makan, berkembang biak, sampai melakukan perjalanan panjang untuk mencari tempat yang jauh lebih hangat ketika musim dingin ekstrim tiba.

16. ASIH 2

Judul     :Asih 2
Genre     :Horor
Tahun     :2020
Jenis     :Film

Asih 2 merupakan sekuel lanjutan dari film sebelumnya dan menempati urutan kedua jika teman-teman ingin menikmati Danur Universe berdasarkan urut kejadian. Cerita kali ini datang dari seorang dokter yang mengadopsi anak perempuan setelah mengetahui bahwa anak tersebut hanya tinggal seorang diri di tengah hutan. Berbagai kejadian mistis mulai menghantui keluarga kecil ini sejak kedatangan anak tersebut hingga mereka harus mengungkap apa yang sebenarnya diinginkan oleh sang hantu wanita. Saya pribadi melihat alur film ini sebagai sesuatu yang nampak 'klise', namun jika kita kembali mengingat bahwa ini diangkat dari kisah nyata tentunya akan membuat kita takut juga. Suasana horornya menurut saya sudah cukup dan akting para pemainnya juga baik.

17. GARUDA DI DADAKU

Judul :Garuda Di Dadaku
Genre :Drama
Tahun :2009
Jenis :Film

Telah rilis sekitar 15 tahun lalu sejak pojok ini dibuat, Garuda Di Dadaku menjadi salah satu film bertema 'Sepakbola Indonesia' yang cukup terkenal pada masanya - bahkan hanya mendengar judul filmnya saja rasanya membuat saya ingin langsung bernyanyi ; NTRL atau yang dahulu dikenal sebagai Netral, teman-teman ingat lagu mereka yang nyaris selalu dinyanyikan saat Timnas Sepakbola kita bertanding bukan? Film ini menceritakan kisah Bayu, seorang anak laki-laki yang memiliki impian untuk menjadi pemain sepak bola profesional namun terhalang oleh keluarganya. Cerita akan mengajak kita untuk melihat tekad Bayu hingga ia berhasil masuk menjadi bagian dari Timnas U-13 yang mewakili Indonesia di tingkat internasional.

18. GARUDA DI DADAKU 2

Judul     :Garuda Di Dadaku 2
Genre     :Drama
Tahun     :2011
Jenis     :Film

Garuda Di Dadaku 2 adalah sekuel dari film sebelumnya. Disini Bayu telah menjadi kapten Timnas Indonesia U-15 dan hendak mengikuti kompetisi sepakbola junior Asean. Saya pribadi lebih menikmati sekuel yang ini dibanding film sebelumnya, namun tetap yang pertama juga memiliki kualitasnya sendiri. Dibandingkan dengan film pertamanya yang lebih memfokuskan jalan cerita tentang bagaimana perjuangan Bayu untuk dapat masuk ke Timnas, cerita kali ini condong menunjukkan permasalahan internal dalam diri Bayu yang cukup mengganggu konsentrasinya dalam menjalankan tugas sebagai kapten tim. Dan seperti yang teman-teman lihat pada poster filmnya diatas, Aliando Syarief juga bermain disini!

19. IVANNA

Judul     :Ivanna
Genre     :Horor, Suspense, Thriller
Tahun     :2022
Jenis     :Film

Dari semua film dalam Danur Universe, saya paling menikmati Ivanna ini. Kalau kita bicara konsep, tentunya ini adalah salah satu karya klasik - tentang hantu 'noni Belanda'. Walau terdengar biasa saja, namun alur ceritanya sungguh luar biasa. Tidak hanya menampilkan horor, disini juga menampilkan adegan gore yang menurut saya sudah cukup 'mengganggu' - adegan ditemukannya jasad nenek Ani adalah salah satunya. Fakta tentang patung batu yang ditemukan di ruang bawah tanah juga menurut saya cukup 'disturbing'. Saya merasa bahwa ini adalah salah satu karya horor lokal kita yang terbaik, namun tentu saja selera orang berbeda-beda.

20. ASHIAP MAN

Judul     :Ashiap Man
Genre     :Komedi, Fiksi
Tahun     :2022
Jenis     :Film

Jika sebelumnya saya menyinggung film Generasi Micin : vs Kevin sebagai tontonan yang 'garing kriuk kriuk gurih', maka Ashiap Man ini lebih jauh dibawahnya! Tanpa mengurangi rasa hormat dan apresiasi saya, namun sebagai penikmat film tentunya saya berpendapat bahwa kualitas film ini tidak begitu bagus. Jalan ceritanya terlalu 'ngebut' dan tidak memiliki fondasi yang kuat sehingga terkesan 'aneh'. Yang paling menjadi perhatian saya adalah akting para pemainnya - kurang 'greget', begitu kaku dan terlalu dipaksakan humornya, sampai saya sendiri tidak mendapat 'esensi komedi'-nya dimana. Walau demikian ini adalah langkah awal yang bagus, saya mengapresiasi karena Ashiap Man adalah garapan pertama Atta Halilintar sebagai sutradara. Pijakan awal yang rapuh adalah hal biasa, yang penting keinginan untuk mencoba. Lagipula menurut saya pribadi, 'keanehan' dari alur dan akting para pemainnya itu juga berhasil menjadi komedi tersendiri. Tidak semua orang memiliki bakat berakting, jadi saya menghargai usaha rekan-rekan aktor dan aktris pendukung. Terimakasih Atta, terimakasih Prime Video! (saya tidak disponsori ya~)

21. SUAMI-SUAMI TAKUT ISTRI THE MOVIE

Judul     :Suami-Suami Takut Istri The Movie
Genre     :Drama, Komedi
Tahun     :2008
Jenis     :Film

Siapa yang tidak tahu seri televisi Suami-Suami Takut Istri yang dulu pernah tayang di Trans TV pertama kali? Nah, kali ini film tersebut mendapat edisi khususnya : Suami-Suami Takut Istri The Movie! Cerita kali ini akan membawa kita untuk berlibur di Bali setelah para istri meminta kepada para suaminya untuk mengadakan perjalanan 'bulan madu kedua' di Pulau Dewata tersebut. Usut punya usut, ternyata permintaan para istri tersebut disetujui karena suami mereka sebenarnya memiliki motif terselubung : menghadiri konser Trio Ganas yang beranggotakan mbak Pretty dan kawan-kawan di Bali! Komedi tentunya menghiasi sepanjang film ini dengan segala tingkah absurd para suami agar dapat mengelak dari para istri untuk bersenang-senang!

22. CEK TOKO SEBELAH

Judul     :Cek Toko Sebelah
Genre     :Drama, Komedi
Tahun     :2016
Jenis     :Film

Cek Toko Sebelah adalah film drama komedi garapan Ernest Prakarsa, salah satu bintang Stand Up Comedy Indonesia. Ernest juga tampil di salah satu film komika sebelumnya, Comic 8. Cek Toko Sebelah menceritakan tentang dua orang putra dari pemilik toko kelontong yang mendapat 'titah' untuk mengurus toko warisan sang ayah. Anak pertama bersedia untuk menjalankan toko milik keluarganya tersebut, namun sang ayah berpendapat bahwa putra keduanya lebih pantas dan dapat menjadi pengusaha yang jauh lebih baik daripada sang kakak. Permasalahan muncul saat sang anak kedua mengetahuinya, namun dalam hati tidak memiliki keinginan untuk mewujudkan harapan ayahnya karena sudah terlalu nyaman dengan pekerjaannya sebagai pegawai kantoran. Alurnya lucu dan memiliki pesan tersembunyi. Salah satu kalimat favorit saya datang dari Kuncoro yang diperankan oleh Dodit Mulyanto, "Dasar manusia yang tak tersentuh pendidikan! Inteligensi bobrok!" Saya sangat menikmati aktingnya Dodit disini~

23. DANUR 1 : I CAN SEE GHOST

Judul     :Danur
Genre     :Horor
Tahun     :2017
Jenis     :Film

Danur adalah film pertama yang digarap dalam seri Danur Universe, namun jika ingin dinikmati berdasarkan urut waktu kejadian maka film ini berada di urutan keempat setelah Asih, Asih 2, dan Ivanna. Dalam film ini terdapat empat hantu yang akan menemani kita, tiga diantaranya adalah anak-anak Belanda era kolonial dan seorang hantu perempuan yang menjadi tokoh utama di seri Asih dan Asih 2. Saya terngiang-ngiang dengan alunan sajak berbahasa Sunda yang dinyanyikan di film ini, mengingat saya juga pernah mempelajari dan menyanyikannya saat masih duduk di bangku sekolah dulu - lantunan ini menjadi bagian dari mata pelajaran muatan lokal (mulok) Basa Sunda. Danur mendapat nilai yang sama dengan Asih 2 berdasarkan preferensi saya - diatas Asih namun masih dibawah Ivanna.

Diatas adalah daftar film yang saya nikmati selama bulan Februari 2023. Diawali dengan film horor, diselingi dengan beberapa drama dan komedi, lalu kembali ditutup dengan horor juga. Dari total 23 film yang saya nikmati kali ini, The Conjuring 2 : The Enfield Poltergeist dan Spongebob Squarepants : Season 1 mendapat poin tertinggi berdasarkan penilaian pribadi, disusul oleh The Conjuring 3 : The Devil Made Me Do It diurutan kedua dan The Curse Of La Llorona diurutan ketiga. Ini semua berdasarkan preferensi pribadi ya, jadi belum tentu selera saya dan teman-teman semua sama~

Selamat menonton!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar