19 Agustus 2014

Bagaimana kita bisa terkena kutu dan bagaimana menyingkirkannya?

Kutu adalah parasit ; hewan pejarah yang menghisap darah atau mengunyah sisa-sisa makhluk hidup lain. Kutu rambut, jenis yang biasanya ditemukan pada anak-anak, adalah serangga pipih seukuran biji wijen yang bisa mengeluarkan cakar kecil dan berkeliaran diantara rambut kepalamu seperti hewan di hutan. Mereka membuat kulit kepalamu gatal. Orang juga bisa terkena kutu badan, yang dikenal sebagai cootie, yang senang tinggal dibalik pakaian dalam.



Kutu sama senangnya dirambut yang bersih cemerlang maupun dirambut yang belum dicuci selama seminggu. Kutu tidak mencari remah makanan ; binatang itu berusaha menusuk kulit kepala dan menyedot sedikit darah. Seperti nyamuk, kutu menggunakan bagian mulutnya yang tajam untuk membuat lubang dikulit dan menghirup darah santapannya, meninggalkan benjolan gatal sesudahnya.

Kutu rambut betina benar-benar menempelkan telur-telur kecilnya ke rambut tempat tinggalnya. Bagaimana caranya bisa terkena kutu?  Ini terjadi kalau anak-anak bertukar sisir, sikat rambut, dan topi. Kertika topi dan jaket bergantung saling rapat di rak yang penuh ; dan ketika kepala anak-anak saling berbenturan, memakai headphone yang sama, atau tidur diranjang yang sama. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah tidak melakukan hal-hal tersebut.

Manusia bukan satu-satunya yang terkena kutu. Ada lebih dari 400 jenis kutu penghisap di bumi,dan kutu-kutu tersebut menyukai darah berbagai hewan dari sapi sampai babi bahkan kuda sampai anjing. Ada juga sekitar 3000 jenis kutu pengunyah. Kutu pengunyah menikmati hidangan bulu yang lepas, darah kering, dan serpihan sel kulit mati dari korbannya, termasuk sapi, anjing, dan tikus.

Meskipun hidup dibawah air, ikan bisa juga terkena kutu. Satu jenis kutu ikan panjangnya bisa lebih dari 2,5 cm. Kutu ikan memiliki mata majemuk dan 8 anggota tubuh untuk berenang. Bahkan ada kutu yang menyerang buku dan kulit pohon. Serangan kutu kadang-kadang juga melahap pohon anggur, merusak perkebunan anggur.

Ketika anak-anak terkena kutu, orang dewasa harus turun tangan dengan sejumlah usaha untuk mencabuti telur kutu – seperti yang dilakukan monyet dan babon. Pertama, gunakan shampo khusus untuk membunuh kutu. Setelah itu, penting untuk menyingkirkan sisa telur sebelum menetas. Gunakan sisir bergigi rapat. Kemudian bilas semua sisir dan sikat dengan alkohol. Cucilah pakaian, seprai, dan sarung bantal dengan sabun dan air sepanas mungkin. Akhirnya, gunakan penyedot debu diseluruh perabotan rumah. Dan ucapkan selamat jalan kepada para kutu!





Ø  Sumber : How Come? Safari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar