19 Oktober 2023

Menikmati Film : Santai — Oktober 2022


Kali ini saya kembali dengan rekap tontonan saya di bulan Oktober 2022, yang mana kali ini dimulai dengan sebuah Live Action buatan Netflix yang diadaptasi dari seri anime terkenal dan berakhir dengan 3 (tiga) movie series berturut-turut dengan genre komedi keluarga yang mengocok perut (setidaknya untuk saya). Tidak seperti bulan sebelumnya dengan total 28 film yang berhasil saya selesaikan, kali ini hanya 13 film yang saya nikmati. Dan seperti judul kali ini, "Santai", ada 9 film dengan jalan cerita yang tidak memiliki konflik kompleks, penuh dengan komedi dan cocok ditonton saat bersantai.

Lantas film apa saja yang saya nikmati bulan Oktober 2022 ini? Ayo kita lihat!

1. DEATH NOTE : LIGHT UP THE NEW WORLD

Judul            :Death Note : Light Up The New World
Genre            :Drama, Psikologi
Tahun            :2016
Jenis            :Film - Live Action
Himbauan khusus  :-

Dengan konsep yang sama dengan serial original-nya, Death Note : Light Up The New World garapan Netflix tahun 2016 ini menggambarkan apa yang terjadi beberapa tahun setelah tragedi 'hilang'-nya Kira dan L. Saya tidak dapat bercerita banyak karena dapat menjadi spoiler untuk teman-teman yang belum menonton, namun secara garis besar memiliki jalan cerita yang sama — pertarungan antara penerus Kira dan L. Sementara untuk teman-teman yang bertanya, "Siapa sih Kira? Siapa sih L? Death Note itu apa?", maka saya menyarankan untuk menonton anime original-nya terlebih dahulu. Secara pribadi saya kurang menyukai adaptasi Death Note yang dibawakan Netflix ini. Bukan berarti buruk, saya hanya kurang menikmatinya saja jika dibandingkan dengan seri live action Death Note yang lain.

2. CARS 2

Judul            :Cars 2
Genre            :Komedi, Petualangan
Tahun            :2011
Jenis            :Film - Animasi
Himbauan khusus  :-

Melanjutkan film sebelumnya yang saya tonton di bulan September 2022, kali ini McQueen mengikuti perlombaan World Grand Pix yang khusus diselenggarakan untuk mempromosikan penggunaan bahan bakar bio, yang rencananya akan digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak. Dalam film ini, kita akan diajak berkeliling ke beberapa negara—USA, Jepang, Perancis, Italia, dan Inggris—tempat dimana perlombaan itu dilakukan. Dari tiga series Cars yang dibuat Pixar, saya paling menikmati movie-nya yang ini! Harus saya akui, sejauh ini Fransesco Bernoulli adalah karakter yang paling saya sukai di Cars! Pelafalan bahasa dan bagaimana pembawaan karakternya sangat menyebalkan, namun disisi lain juga sangat 'enak' untuk ditonton!

3. CARS 3

Judul            :Cars 3
Genre            :Komedi, Petualangan
Tahun            :2017
Jenis            :Film - Animasi
Himbauan khusus  :-

Movie terakhir Cars sejauh ini  adalah Cars 3, bercerita tentang bagaimana majunya teknologi yang membuat McQueen harus menerima kenyataan bahwa sekarang ia adalah sebuah mobil balap tua yang telah turun 'pamor'-nya. Fakta ini diakui McQueen saat ia harus melawan Jackson Storm, sebuah mobil balap dari generasi baru yang berhasil memenangkan berbagai perlombaan. Pada akhirnya McQueen menjadi mentor dari sebuah mobil balap generasi baru lainnya, Cruz Ramirez, setelah sebelumnya McQueen mengikuti perlombaan balap namun diakhiri oleh Cruz. Tentu saja banyak yang bertanya apakah diperbolehkan untuk berganti mobil selama balap berlangsung, namun karena dalam papan skor hanya tertulis nomor mobil dan bukan nama peserta, maka pertandingan itu dilegalkan—pastinya setelah McQueen meminta agar tim di Pit Stop-nya melukiskan angka 95 pada Cruz sebelum mobil muda itu memasuki arena balap untuk menggantikannya.

4. DAWN OF THE PLANET OF THE APES

Judul            :Dawn Of The Planet Of The Apes
Genre            :Petualangan, Sci-Fi, Aksi
Tahun            :2014
Jenis            :Film
Himbauan khusus  :Kekerasan & Penggunaan Senjata

Bercerita tentang bumi yang dipenuhi kera dengan tingkat intelegensi tinggi, movie ini menarik untuk diikuti. Populasi manusia berkurang drastis dan kera menguasai dunia akibat suatu pandemi. Saya menikmati aktingnya dan menurut saya jalan ceritanya hampir menyerupai salah satu film terkenal yaitu The Lion King—saat sosok terdekat si pemimpin kelompok melakukan suatu 'perbuatan' yang membuat kelompoknya terancam. Konflik antara para kera dan manusia mempunyai penggambaran yang baik, alasan dan latar belakang yang cukup kuat, serta eksekusi yang penuh aksi. Saya tidak bisa mengatakan bahwa film ini dapat dinikmati selagi bersantai karena mengandung kekerasan dan penggunaan senjata—namun ini layak untuk ditonton!

5. FINDING NEMO

Judul            :Finding Nemo
Genre            :Petualangan, Keluarga, Komedi
Tahun            :2003
Jenis            :Film - Animasi
Himbauan khusus  :-

Kalau kita melihat gambar ikan badut, pasti yang pertama terlintas di kepala kita adalah Nemo! Nyatanya film ini memang dapat dikatakan sebagai salah satu film tersukses buatan Pixar. Plotnya cukup sederhana, mengisahkan seorang ayah mencari anaknya yang hilang. Ditemani dengan ikan lain, Dory, yang mengaku tahu keberadaan sang anak namun ternyata memiliki masalah dengan ingatannya, Marlin sang ayah terus berenang dari Great Barrier Reef hingga sampai di Sydney, Australia. Memang tidak memiliki masalah yang kompleks, namun perjalanan dua ikan ini sangat menarik untuk ditonton. Selain itu, film ini juga memperlihatkan bagaimana petualangan Nemo hingga berakhir di sebuah klinik gigi di Sydney dan berbagai usahanya bersama teman-teman barunya untuk bisa kembali ke laut lepas.

6. FINDING DORY

Judul            :Finding Dory
Genre            :Petualangan, Keluarga, Komedi
Tahun            :2016
Jenis            :Film - Animasi
Himbauan khusus  :-

Finding Dory
adalah sekuel dari film sebelumnya, Finding Nemo. Kali ini yang menjadi tokoh utamanya adalah Dory, yang berhasil mendapatkan beberapa potongan ingatannya tentang orang tuanya. Berdasarkan ingatan itu, Dory memutuskan untuk mencari keberadaan orang tuanya yang ternyata berada di California, tentunya bersama dengan Marlin dan Nemo. Secara pribadi saya lebih menikmati movie ini dibanding film pertamanya. Saya sangat menikmati karakter seekor paus putih dan gurita pemarah (saya lupa nama keduanya, maaf T_T) yang sangat menginginkan 'tag' milik Dory. Ending-nya juga cukup menarik bagi saya, dengan sedikit aksi untuk 'menerjunkan' mobil-mobil ke sungai.

7. ANOTHER 00 : OVA

Judul            :Another 00
Genre            :Horor, Misteri
Tahun            :2012
Jenis            :Series (1)- Animasi
Himbauan khusus  :-

Ini merupakan episode spesial (OVA 
Original Video Animation) dari seri anime Another. Saya tidak akan mengulas isinya karena memiliki hubungan yang erat dengan seri utama anime-nya. Disini tidak ada unsur horor atau thriller yang cukup 'mengganggu' seperti di seri utamanya, namun tetap membuat kita penasaran dan bergumam, "Oh, maksud episode pertamanya tuh begini ya?". OVA ini adalah prequel dari seri utamanya, jadi saya menyarankan untuk menonton ini terlebih dahulu sebelum seri utamanya. Namun jika ingin menonton seri utamanya baru episode spesial ini juga tidak masalah, hal ini dikarenakan tokoh utama baru menyinggung 'isi' dari episode spesial ini di bagian akhir cerita utama — sehingga terkesan bahwa episode spesial ini adalah episode ke-13 (dari total 12 episode di seri utama) yang menutup rangkaian cerita keseluruhan.

8. DEATH NOTE

Judul            :Death Note
Genre            :Drama, Psikologi
Tahun            :2006
Jenis            :Film - Live Action
Himbauan khusus  :-

Ini adalah Live Action dari seri anime dengan judul yang sama — yang juga telah saya jelaskan sebelumnya pada film pertama diatas. Namun berbeda dengan film tersebut, Death Note ini diangkat dari cerita aslinya, sehingga untuk teman-teman yang telah menikmati anime-nya tentu tidak akan asing dengan jalan cerita di film ini. Menurut saya live action ini cukup bagus, dengan jalan cerita yang tidak jauh berbeda dengan karya orisinilnya membuat kita juga menjadi lebih nyaman dalam mengikuti alur. Peran L sangat memuaskan, begitupun dengan akting Light Yagami yang rasanya ingin saya tampar wajahnya karena sangat mendalami peran sebagai karakter jahat (ini pujian ya!).

9. GHOSTBUSTERS

Judul            :Ghostbusters
Genre            :Komedi, Supranatural
Tahun            :2016
Jenis            :Film
Himbauan khusus  :-

Seperti judulnya, Ghostbusters, film ini mengisahkan tentang tim pemburu hantu beranggotakan 5  orang absurd yang percaya bahwa hantu itu ada dan dapat 'ditangkap'. Film bergenre komedi ini sangat cocok dinikmati saat bersantai, dan saya sangat ingat dengan jelas bahwa saya menyelesaikan film ini di dalam Transjakarta — mengalihkan stres saya dari padatnya jalan ibukota. Sebagai bocoran sedikit, salah satu pahlawan Marvel, Thor, juga ada disini! Christopher Hemsworth (Chris Hemsworth) berperan sebagai 'sekretaris bodoh' di tim pemburu hantu ini yang lebih memilih untuk mengikuti lomba petak umpet dibanding bekerja menerima panggilan telepon dibalik meja!

10. CHARLIE & THE CHOCOLATE FACTORY

Judul            :Charlie & The Chocolate Factory
Genre            :Musikal, Fantasi, Komedi, Keluarga
Tahun            :2005
Jenis            :Film
Himbauan khusus  :-

Saya cukup yakin bahwa sangat sedikit generasi 90'an yang belum pernah menonton film ini. Charlie & The Chocolate Factory adalah salah satu impian banyak anak-anak  masuk ke dalam sebuah pabrik cokelat terkenal, yang mana semua benda di dalamnya terbuat dari cokelat yang dapat dimakan! Ada air terjun dan sungai cokelat, rumput yang bisa dimakan, dan hal-hal menakjubkan lainnya! Film ini juga diselilingi dengan beberapa nyanyi dan tarian, serta memberikan pesan moral yang baik di akhir cerita  keluarga adalah yang utama!

11. DIARY OF A WIMPY KID

Judul            :Diary Of A Wimpy Kid
Genre            :Komedi, Keluarga, Friendship
Tahun            :2010
Jenis            :Film
Himbauan khusus  :-

Ini adalah movie pembuka dari seri Diary Of A Wimpy Kid lainnya yang sangat saya nikmati! Sejauh ini, seri dari film ini adalah genre family-comedy terbaik yang benar-benar mengocok perut! Seri ini bercerita tentang seorang anak laki-laki yang baru saja duduk di bangku SMP dan senang menuliskan semua hal yang terjadi di sekitarnya di dalam buku hariannya. Untuk seri pertama ini, Greg Heffley, sang tokoh utama, berusaha untuk menjadi terlihat dewasa, namun sayangnya justru berakhir menjadi 'pecundang' bersama temannya, Rowley Jefferson. Salah satu bagian yang saya sukai adalah insiden 'Cheese Touch' yang sangat absurd, namun untungnya berakhir bahagia untuk Greg dan Rowley.

12. DIARY OF A WIMPY KID 2 : RODRICK RULES

Judul            :Diary Of A Wimpy Kid : Rodrick Rules
Genre            :Komedi, Keluarga, Friendship
Tahun            :2011
Jenis            :Film
Himbauan khusus  :-

Film kedua dari seri Diary Of A Wimpy Kid ini mengisahkan hubungan Greg dan sang kakak, Rodrick Heffley, yang kurang harmonis. Hal ini pada akhirnya memaksa sang ibu untuk meninggalkan mereka berdua sendiri di rumah dengan harapan bisa 'mempererat' hubungan kakak-adik ini. Memang berakhir harmonis, namun ternyata itu tidak bertahan lama sebelum dua orang ini kembali berulah dan membuat orangtuanya memberi 'hukuman' untuk menghabiskan akhir pekan di sebuah panti tempat kakek mereka berada. Film ini lebih mengutamakan 'bonding' keduanya dibandingkan film pertama yang menceritakan kehidupan Greg dan teman-temannya.

13. DIARY OF A WIMPY KID : THE LONG HAUL

Judul            :Diary Of A Wimpy Kid : The Long Haul
Genre            :Komedi, Keluarga
Tahun            :2017
Jenis            :Film
Himbauan khusus  :-

Film ini adalah seri keempat dari Diary Of A Wimpy Kid, dimana para aktor dan aktrisnya berbeda dengan tiga film sebelumnya. Kali ini keluarga Heffley mengadakan perjalanan panjang untuk merayakan ulang tahun nenek mereka. Film ini menceritakan apa saja yang terjadi selama perjalanan itu dan berakhir saat The Heffley berhasil sampai di rumah nenek mereka dengan cara yang amat sangat tidak terduga, absurd, dan yang pasti membuat kita berpikir keras, "Perjalanan keluarga macam apa ini?!".

Itulah daftar 13 film yang saya nikmati selama bulan Oktober 2022. Berisi film-film santai ; kecuali Death Note yang membuat kita harus berpikir ekstra, Another yang membuat penasaran, dan Dawn Of The Planet Of The Apes yang penuh aksi ; yang dapat dinikmati untuk mengisi waktu luang. Untuk bulan ini, yang paling saya rekomendasikan adalah seri Diary Of A Wimpy Kid — sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga! 

Akhir kata, selamat menonton!
Salam!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar