28 September 2023

Menikmati Film : Marathon 28 Film Dalam 1 Bulan? — September 2022


Movie marathon tentunya adalah sebuah hal yang menyenangkan. Banyak orang melakukannya karena memang merupakan bagian dari hobi, karena penasaran setelah mendapat spoiler dari orang lain, atau sekadar menghabiskan waktu untuk bersantai. Banyak genre yang dapat dinikmati, asal negara produksi yang dapat dipilih, bahkan sampai jenis yang disukai — apakah itu adalah sebuah animasi atau menggunakan aktor dan aktris manusia. Banyak film yang menawarkan jalan cerita menarik, visual yang apik, sampai pemeran berkelas internasional yang tak asing lagi. Namun tidak sedikit juga film yang kurang mendapat perhatian publik — tentunya dengan berbagai alasan dimana masyarakat memilih untuk tidak memberikan reaksi yang bagus untuk film tersebut — yang berujung pada kerugian besar karena pendapatan yang dihasilkan tidak dapat menutupi biaya produksi.

Sedikit bercerita...

Saya adalah salah satu penikmati film, banyak yang telah saya tonton (meski ilegal—saya tidak bangga dengan ini, tapi saya mengakuinya) sejak kecil. Itu adalah salah satu cara saya untuk melepas stres. Hingga pada akhirnya saya memutuskan untuk membuat deret daftar film yang telah saya tonton. Sejauh ini memang saya lebih sering melakukan re-watch daripada menikmati film yang baru saya tonton pertama kali. Tolong jangan bertanya dimana saya menontonnya karena saya tidak disponsori oleh media player manapun, namun tentu saja melalui aplikasi legal (dan ilegal — yang ini lebih banyak...). 'Holy Mission' ini saya mulai sejak September 2022 dan dalam 1 bulan itu, saya 'berhasil' menamatkan 28 film! Saya tidak tahu apakah 28 film dalam 1 bulan itu adalah jumlah yang kecil, standar, atau terbilang cukup besar untuk ukuran para penikmat marathon movie. Lantas film apa sajakah itu?

Kalau begitu langsung saja!

1. LOVE ALL PLAY

Judul            :Love All Play
Genre            :Olahraga, Friendship
Tahun            :2022
Jenis            :Series(24) - Anime
Himbauan khusus  :-

Film pertama yang saya nikmati di bulan September 2022 adalah Love All Play. Saya pernah mendengar bahwa ada Drama Series asal Korea Selatan dengan judul yang sama, namun saya tidak membicarakan itu. Love All Play yang saya maksud disini adalah seri anime yang berasal dari Jepang. Saya bukanlah pribadi yang terlalu menikmati genre olahraga, namun harus saya akui bahwa ada motivasi khusus bagi saya untuk menonton ini—karena katanya ada pasangan ganda campuran Jepang nomor 1 saat ini (September 2023), Yuta Watanabe dan Arisa Higashino, yang tampil sebagai cameo di anime ini! Sebagai penikmat bulutangkis sekaligus salah satu pencinta mix doubles ini, tentu saja saya menontonnya! Untuk cerita keseluruhan menurut saya biasa saja, alurnya juga cukup cepat. Namun mempertimbangkan hal lain, rasanya ini sudah baik!

2. WRECK-IT RALPH

Judul            : Wreck-It Ralph
Genre            :Petualangan
Tahun            :2012
Jenis            :Film - Animasi
Himbauan khusus  :-

Menceritakan tentang Ralph, salah satu tokoh di game Fix-it Felix Jr., yang merasa jenuh dengan pekerjaannya setiap hari. Dengan perannya sebagai tokoh antagonis di game tersebut, Ralph merasa tidak disambut dengan baik dan memilih untuk keluar dari permainannya demi membuktikan bahwa dia bisa juga menjadi orang baik. Dalam perjalanannya itu, dia bertemu dengan Vanellope von Schweetz, gadis kecil yang mengalami glitch dan juga merupakan salah satu tokoh dari game Sugar Rush, permainan balap yang cukup populer di Game Center mereka. Cerita berkembang saat mereka berdua bertengkar hingga akhirnya mengetahui apa sebenarnya yang membuat Vanellope menjadi "rusak" dan berusaha untuk memperbaiki semuanya.

3. RALPH BREAKS THE INTERNET

Judul            :Ralph Breaks The Internet
Genre            :Petualangan
Tahun            :2018
Jenis            :Film - Animasi
Himbauan khusus  :-

Merupakan sekuel dari film sebelumnya, kali ini Ralph dan Vanellope pergi berselancar di internet untuk mencari suatu alat demi memperbaiki mesin permainan Vanellope yang rusak. Untuk membayar benda itu, Ralph dan Vanellope harus memutar otak untuk mendapatkan uang agar dapat membayarnya. Ralph mencari bantuan dan berhasil mendapatkan ide untuk mendapatkkan uang—dengan membuat dirinya sendiri menjadi viral di dunia maya. Vanellope disisi lain ingin melakukan hal yang dia senangi setelah mengetahui ada permainan balap lain di internet yang sangat menarik perhatiannya. Ralph melarangnya karena menurutnya itu berbahaya dan akhirnya membuat retak hubungan keduanya. Disini kita juga bisa melihat "para bintang Disney" yang tampil dan membayangkan bagaimana sebenarnya internet itu bekerja. Secara pribadi saya lebih menikmati sekuel ini dibanding film pertamanya.

4. WALL E

Judul            :Wall E
Genre            :Petualangan, Sci-Fi
Tahun            :2008
Jenis            :Film - Animasi
Himbauan khusus  :-

Wall E adalah salah satu dari 4 film yang saya tonton di bulan September 2022 yang sangat saya (secara pribadi) nikmati dan beri nilai cukup tinggi (3 lainnya ada di nomor urut 18, 19, dan 27—sekali lagi, ini berdasarkan penilaian pribadi ya!). Menceritakan tentang robot pembersih sampah yang menemukan sebuah tunas pohon di atas permukaan bumi yang sudah tertutup dengan sampah dan merawatnya. Suatu hari, datang sebuah robot lain bernama EVE yang dikirimkan para manusia yang tengah mengungsi dengan suatu kapal ruang angkasa untuk mencari tanda-tanda kehidupan di bumi—apakah dapat tumbuh pohon di tanah yang kotor itu? Cerita berakhir saat para manusia kembali ke bumi dan bekerjasama untuk kembali membangun peradaban. Menurut saya cerita ini sangat inspiratif dan cocok dinikmati segala usia!

5. AQUAMAN

Judul            :Aquaman
Genre            :Fantasi, Sci-Fi
Tahun            :2018
Jenis            :Film
Himbauan khusus  :-

Menceritakan tentang kisah cinta yang terhalang takdir, Arthur adalah seorang putra yang lahir dari ayah manusia dan ibu yang seorang ratu Atlantis. Karena kisah cintanya itu, ia dieksekusi dan Arthur yang mewarisi kemampuan sang ibu akhirnya menolak Kerajaan Atlantis dan hidup sebagai manusia di darat. Konflik dimulai ketika saudara tirinya yang merupakan Raja di Kerajaan Atlantis bermaksud untuk mencari dukungan dari kerjaan laut lain demi menyerang manusia dipermukaan karena dianggap telah mencemari laut. Arthur yang memposisikan diri ditengah-tengah antara manusia dan makhluk laut akhirnya memutukan untuk menyelamatkan penduduk di darat namun juga mencegah perpecahan dan kekacauan di laut dengan menduduki takhta penguasa Atlantis.

6. POKEMON DETECTIVE PIKACHU

Judul            :Pokemon Detective Pikachu
Genre            :Misteri, Fantasi
Tahun            :2019
Jenis            :Film - Live Action
Himbauan khusus  :-

Berdasarkan franchise terkenal 'Pokemon', film ini bercerita tentang Tim Goodman, seorang pemuda yang datang ke Ryme City setelah mendapat kabar bahwa ayah kandungnya telah wafat dalam sebuah kecelakaan mobil. Bertemu dengan Pikachu, seekor Pokemon berwarna kuning dengan kemampuan elemen listrik, Tim berusaha menyelidiki kematian ayahnya yang menurutnya mencurigakan. Karena saya tidak menikmati anime-nya, jadi saya tidak bisa berkomentar banyak (walau setahu saya memang tidak ada hubungan langsung antara film ini dengan serian anime-nya). Dan karena penggambaran Pikacu-nya menggemaskan, jadi saya menikmati juga~

7. THE BOSS BABY

Judul            :The Boss Baby
Genre            :Komedi, Keluarga
Tahun            :2017
Jenis            :Film - Animasi
Himbauan khusus  :-

Berandal kecil dengan jiwa bak orang dewasa? The Boss Baby mengambil konsep demikian, dimana si bayi kecil yang baru saja terlahir di dalam keluarga Templeton ini bertingkah dan memiliki pemikiran layaknya orang dewasa. Kakak kandung laki-lakinya, Timothy atau biasa dipanggil Tim, merasa ada yang aneh dengan adiknya hingga sampai suatu hari, Tim menemukan fakta bahwa adiknya bukanlah seorang bayi biasa. Adiknya dapat berdiri, berjalan, berbicara, bahkan kadang menamparnya dengan mainan! Ditambah lagi, adiknya itu sangat pandai bermain peran—setiap kali Tim berusaha membuktikan kepada orangtua mereka bahwa adiknya itu "aneh", maka sang adik akan segera bertingkah selayaknya bayi pada umumnya dan menyebabkan masalah pada Tim karena orangtuanya menganggap Tim tidak mengasihi saudaranya. Sungguh berandal kecil yang membuat emosi!

8. SECRET LIFE OF PETS

Judul            :Secret Life Of Pets
Genre            :Keluarga, Petualangan
Tahun            :2016
Jenis            :Film - Animasi
Himbauan khusus  :-

Secret Life of Pets akan mengajak kita untuk menikmati kehidupan dari sudut pandang para binatang. Cerita ini mengangkat kisah "rasa cemburu" dari Max, si anjing berbulu cokelat dan putih yang menjadi tokoh utama cerita, dengan Duke, anjing lain yang memiliki bulu lebat berwarna cokelat. Katie, seorang gadis yang menjadi pemilik mereka, tentu saja tidak tahu apa yang dipikirkan para peliharaannya dan yakin bahwa Max serta Duke dapat berteman dengan akrab. Tidak hanya anjing saja, film ini juga membawa karakter (atau binatang) lain sebagai "bintang" mereka : ada kucing, burung, kelinci, ular, hamster, babi dan sebagainya. Salah satu karakter yang saya suka disini adalah Gidget, seekor pomeranian berwarna putih yang (ehmm...) jatuh hati pada Max. Gidget sangat menggemaskan—minus kelakuannya yang memang berisik. Selebihnya, si cantik ini memang sangat cerdas!

9. SECRET LIFE OF PETS 2

Judul            :Secret Life Of Pets 2
Genre            :Keluarga, Petualangan
Tahun            :2019
Jenis            :Film - Animasi
Himbauan khusus  :-

Merupakan sekuel dari film pertamanya, disini Katie telah menikah dan memiliki seorang anak bernama Liam dan mereka pergi ke rumah peternakan milik saudara mereka. Sebelum pergi, Max menitipkan mainan kesukaannya pada Gidget—yang sayangnya justru kehilangan mainan itu. Lalu ada juga scene tentang Snowball dan banyak lagi. Untuk saya pribadi, Secret Life of Pets 2 ini mengemas cerita dengan kurang baik. Komedinya tentu saja dapat, namun alurnya menurut saya terlalu cepat dan cukup banyak adegan-adegan yang saya rasa tidak ada kaitannya dengan jalan cerita utama—Max dan Duke yang pergi berlibur ke peternakan. Memang menarik, namun antusias saya masih kurang jika dibandingkan dengan yang pertama.

10. MOANA

Judul        :Moana
Genre        :Petualangan, Musikal
Tahun        :2016
Jenis        :fILM - Animasi
Himbauan     :-

Film musikal milik Disney ini menceritakan seorang gadis bernama Moana yang merupakan putri dari seorang kepala desa di pulau Motunui, Polinesia. Penduduk disini menyembah Te Fiti, seorang Dewi yang dipercaya bangsa ini telah membawa kehidupan. Suatu hari, Moana menemukan fakta bahwa kehidupan di pulau dan laut perlahan berkurang—lahan tidak subur dan para nelayan tidak dapat menangkap banyak ikan. Demi mengembalikan keadaan menjadi seperti semula, dimulailah perjalanan Moana bersama teman yang baru saja ditemuinya—Maui, seorang pria yang ternyata telah mencuri jantung Te Fiti dan membuat kehidupan alam menjadi rusak. Saya menikmati salah satu soundtrack-nya yang berjudul We Know The Way.

11. MONSTERS UNIVERSITY

Judul            :Monsters University
Genre            :Keluarga, Friendship
Tahun            :2013
Jenis            :Film - Animasi
Himbauan khusus  :-

Kelas menakuti? Ya, itu adalah salah satu jurusan yang ada di Monsters University. Michael Wazowski—atau yang biasa dipanggil Mike—adalah seorang monster berwarna hijau dan bermata satu yang memiliki tubuh pendek. Mike adalah salah satu mahasiswa terbaik di jurusan Scaring (menakuti), namun hanya untuk bagian teori saja. Dengan wujud yang lebih pantas disebut "menggemaskan" daripada "menyeramkan", tidak ada yang berpikir bahwa Mike dapat lolos dengan baik di ujian praktek menakuti. Bersama timnya, Oozma Kappa, Mike berhasil tiba di pertandingan final menakuti yang dilaksanakan universitas. Namun apakah itu cukup untuk Mike menjadi scarer yang baik? Yah, ending yang cukup mengejutkan untuk saya—Mike dan Sully, temannya yang berwarna biru, justru dicoret sebagai mahasiswa di Monster University dan memilih menjadi karyawan di ruang surat Monster Inc.

12. FROZEN

Judul            :Frozen
Genre            :Petualangan, Fantasi, Musikal
Tahun            :2014
Jenis            :Film - Animasi
Himbauan khusus  :-

Siapa yang tidak mengenal film Frozen ini? Wajah dua tokoh utamanya—Elsa dan Anna—seringkali kita temui tercetak besar di pakaian anak-anak, tas sekolah, tempat pensil, sampai perintilan lain yang memang menyasar anak usia Sekolah Dasar (SD) ke bawah. Dengan soundtrack yang cukup laris di pasar, Frozen dapat dikatakan menjadi salah satu film Disney yang sukses besar. Selain dua bersaudara penguasa Arendelle, ada juga seorang pemuda bernama Kristoff dan rusanya, Sven, yang merupakan penambang es. Ada juga Olaf, manusia salju buatan Elsa yang dapat berbicara dan berjalan. Olaf adalah salah satu karakter kesukaan saya, apalagi saat ia bernyanyi In Summer! Tingkah konyolnya menjadi moodmaker diantara "cukup seriusnya" perdebatan antara Elsa dan Anna. Dan ya, Let It Go adalah soundtrack terbaik mereka sejauh ini!

13. FROZEN II

Judul            :Frozen II
Genre            :Petualangan, Fantasi, Musikal
Tahun            :2019
Jenis            :Film -Animasi
Himbauan khusus  :-

Kali ini Elsa, Anna, Kristoff, Olaf dan Sven pergi berpetualang ke luar Arendelle. Disini kita juga akan mengetahui darimana kekuatan Elsa berasal, apa yang sebenarnya terjadi pada kedua orangtuanya, sampai Hutan Ajaib dimana mereka yang berada di dalamnya tidak terikat dengan waktu. Saya menyukai soundtrack dari film ini, seperti Into The Unknown (namun bukan versi aslinya, tapi milik Panic! At The Disco). Ini hanya penilaian pribadi saja, namun saya lebih menikmati filmya yang pertama. Musiknya mempunyai irama dan notasi yang enak didengar, permainan nadanya juga membuat saya terngiang-ngiang di kepala. Oh iya, saya suka roh api disini—bentuk kadalnya menggemaskan~

14. ANGRY BIRDS

Judul            :Angry Birds
Genre            :Komedi, Friendship
Tahun            :2016
Jenis            :Film - Animasi
Himbauan khusus  :-

Dibuat berdasarkan game dengan judul yang sama, Angry Birds menceritakan sesuatu yang sangat jelas seperti title-nya—burung yang pemarah. Red, si burung merah dengan alis hitam tebal yang selalu memasang ekspresi badmood dan stres tingkat tinggi, tinggal di pinggir kota dan dianggap telah melakukan kesalahan besar saat tanpa sengaja menetaskan seekor telur milik burung lain sebelum waktu menetasnya. Sebagai bentuk hukuman, Red diminta untuk menghadiri semacam "kelas kesabaran" untuk mengontrol emosnya bersama 2 temannya yang lain, Chuck, seekor burung berwarna kuning yang memiliki kecepatan tinggi, dan Bomb, seekor burung lain berwarna hitam yang muda sekali terbawa emosi—khususnya rasa akut dan amarah. Inti cerita dimulai saat segerombolan babi berwarna hijau mendarat di pulau para burung dengan berkata bahwa mereka "datang dalam damai" namun ternyata memiliki maksud lain untuk memangsa para telur menjadi makanan mereka.

15. ANGEL BEATS

Judul            :Angel Beats
Genre            :Anime, Komedi, Aksi, Drama, Fantasi
Tahun            :2010
Jenis            :Series (13) - Anime
Himbauan khusus  :-

Ini adalah salah satu anime yang berhasil menipu saya. Saat teman-teman menonton episode awalnya, saya yakin pasti hanya akan ada tawa disetiap adegannya. Namun setelah mencapai pertengahan hingga akhir cerita, terlalu banyak air mata yang terkuras... Menceritakan bagaimana kehidupan setelah kematian, karakter-karakter di dalam anime ini adalah mereka yang telah meninggal dunia namun tidak dapat bereinkarnasi menuju kehidupan selanjutnya dikarenakan masih adanya penyesalan dan keinginan mereka semasa hidup yang belum tercapai. Mungkin bisa dikatakan mereka seperti "arwah gentayangan"? Saya tidak yakin, namun menurut saya konsepnya mirip seperti itu—tapi kalau "arwah gentayangan" ini dibuat seperti aslinya, tentu saja genre anime ini akan berubah bukan~? Mereka yang masih memiliki penyesalan membentuk sebuah grup bernama Shinda Sekai Sensen (SSS) dengan Yuri sebagai ketuanya. Tujuan utama mereka adalah menentang Tuhan yang menurut mereka telah berlaku "tidak adil" saat mereka masih hidup dulu dengan memburu seorang gadis pendiam yang mereka sebut sebagai Tenshi (Malaikat). Kelakuan para anggota SSS ini sangat absurd sampai saya sendiri terlalu lelah untuk tertawa!

16. ALVIN & THE CHIPMUNKS : THE ROAD CHIP

Judul            :Alvin & The Chipmunks : The Road Chip
Genre            :Komedi, Keluarga, Petualangan
Tahun            :2015
Jenis            :Film
Himbauan khusus  :-

Salah satu seri movie terkenal dari Alvin & The Chipmunks ini menceritakan bagaimana perjalanan ketiga tupai tanah ini dan seorang pemuda bernama Miles menuju Miami. Lalu dimana Dave? Apa dia sudah menyerah untuk mengadopsi 3 berandal ini? Tidak! Hal menarik dari movie ini adalah apa tujuan sebenarnya dari perjalanan ini—dimana ternyata Dave telah dekat dengan seseorang bernama Samantha, yang juga merupakan ibu kandung dari Miles, dan bermaksud untuk melamar wanita itu. Hubungan Miles dengan The Chipmunks tidak terlalu baik, karenanya mereka berempat berusaha untuk menentang pernikahan kedua orang tua mereka. Dan karena Dave mendapat panggilan kerja di Miami, ia mengajak Samantha untuk ikut sera dan meninggalkan anak-anak di rumah. Saat The Chipmunks dan Miles menemukan sebuah cincin di dalam tas Dave yang mereka yakini akan digunakan Dave untuk melamar Samantha, maka dimulailah perjalanan mereka menuju Miami demi mencegah pernikahan tersebut—mereka berempat menolak untuk menjadi saudara tiri!

17. ANGEL BEATS OVA

Judul            :Angel Beats OVA
Genre            :Anime, Komedi, Aksi, Drama, Fantasi
Tahun            :2010 & 2015
Jenis            :Series (2) - Anime
Himbauan khusus  :-

Walau hanya berisi 2 episode, namun OVA ini tetap layak untuk ditonton! OVA pertama menceritakan bagaimana Yuri memberikan misi pada para anggota SSS untuk bertingkah hiperaktif demi meyakinkan Tenshi bahwa sekalipun mereka sudah bahagia di kehidupan setelah kematian, mereka tidak akan menjadi NPC apalagi menghilang dan bereinkarnasi. Untuk saya, OVA pertama ini sangatlah absurd dan berhasil membuat saya tertawa dari awal sampai akhir cerita! Disisi lain, OVA kedua mengisahkan bagaimana para anggota SSS melakukan "piknik mematikan" di bukit belakang sekolah. Para anggota ini mempunyai misi untuk saling membunuh satu sama lain—seperti biasa, misi konyol dari Yuri. Dengan cara-cara yang aneh dan tidak masuk akal, mereka berusaha untuk saling membunuh. Tingkah banyol para anggota SSS ini sungguh membuat saya berhasil geleng-geleng kepala!

18. NOBLESSE

Judul            :Noblesse
Genre            :Fantasi, Friendship, Action, Supernatural
Tahun            :2015
Jenis            :Series (12) - Anime
Himbauan khusus  :-

Noblesse adalah seri animasi yang diangkat dari manhwa (komik asal Korea Selatan) dengan judul yang sama. Menceritakan tentang Cadis Etrama Di Raizel atau yang biasa dipanggil Rai dalam menjalani hidupnya di dunia manusia. Rai sendiri adalah kaum Noble (bangsawan) dengan kekuatan yang luar biasa, bahkan jauh diatas bangsanya sendiri. Bersama dengan pelayannya yang setia, Frankenstein, Rei berusaha untuk berbaur dengan manusia. Cerita tidak hanya berfokus saat Rai di dunia manusia, namun juga saat Rai pulang ke rumahnya. Bersama dengan teman-teman yang akhirnya ia dapatkan setelah hidup begitu lama seorang diri, Rai menjalani kehidupannya yang baru. Animasi ini jelas tidak dapat mewakili secara keseluruhan isi dari manhnwa yang bersangkutan, karenanya saya sangat merekomendasikan teman-teman untuk membacanya (bisa di Webtoon Indonesia) dengan judul yang sama. Percayalah... Saat awal-awal cerita mungkin teman-teman akan tertawa dengan kelakuan Rai, tapi saya ingatkan untuk menyediakan tissue saat memasuki pertengahan hingga akhir cerita~

19. NOBLESSE ONA : AWAKENING

Judul            :Noblesse : Awakening
Genre            :Fantasi, Friendship, Action, Supernatural
Tahun            :2016
Jenis            :Series (1) - Anime
Himbauan khusus  :-

Berdurasi setengah jam beberapa detik, movie kali ini menceritakan saat Rai baru saja terbangun dari tidur panjangnya. Pertama kali merasakan abad ke-21, Rai berusaha untuk berbaur dengan masyarakat—termasuk di dalamnya adalah menjadi murid di sekolah yang didirikan Frankenstein. Tingkah Rai banyak sekali mengundang gelak tawa—dari takjub dengan pintu kaca yang terbuka sendiri, ponsel pintar, sampai menunggu ramen mengembang karena mengira jumlahnya bertambah. Disini adalah saat pertama kali Rai dan Frankenstein bertemu M-21 dan M-24 lalu bertarung dengan Jake serta Marie yang datang untuk "menuntaskan" misi M-21 dan M-24 yang diangap telah gagal.

20. BIG HERO 6

Judul            :Big Hero 6
Genre            :Komedi, Petualangan, Friendship, Keluarga
Tahun            :2014
Jenis            :Film - Animasi
Himbauan khusus  :-

Superhero bertubuh gempal ini adalah favorit kita! Big Hero 6 berhasil membuat saya menangis saat scene wafatnya Tadashi Hamada, kakak dari Hiro Hamada yang menjadi tokoh utama di film ini. Menceritakan tentang Hiro yang terperangkap dalam kesedihan dan keinginan besar untuk membalas dendam atas kematian sang kakak, anak belasan tahun dengan otak super cerdas itu mengubah Baymax, robot kesehatan buatan sang kakak, menjadi mesin kuat untuk mewujudkan ambisinya. Setelah sadar akan ketulusan Tadashi dalam menciptakan Baymax, dimana pemuda itu mengharapkan kesejahteraan masyarakat, Hiro membuang balas dendamnya dan justru menjadi penyelamat bersama Baymax dan teman-teman kuliah sang kakak.

21. SHINGEKI CHUUGAKKOU

Judul            :Shingeki Chuugakkou
Genre            :Komedi, Friendship, Petualangan
Tahun            :2015
Jenis            :Series (12) - Anime
Himbauan khusus  :[Titan!]

Dari nama dan posternya, tentu saja teman-teman (pencinta manga & anime) sudah merasa tidak asing dengan movie yang satu ini. Diangkat berdasarkan anime original-nya yang sukses besar yaitu Shingeki No Kyojin—atau dalam bahasa Inggris lebih dikenal sebagai Attack on Titan, Shingeki Chuugakkou menceritakan Eren Jaeger dan kawan-kawannya yang baru masuk di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Movie ini juga mengandung spoiler yang cukup banyak, dikemas dengan menarik dan tentunya "aman" dikonsumsi—mengingat kisah mereka yang asli mengandung kekerasan dan adegan berdarah. Walau begitu, bukan berarti di movie ini tidak ada titan ya! Tapi tenang saja, titan disini tidak suka daging manusia. Makanan kesukaan mereka adalah bekal makan siang para murid—apalagi cheese burger kesukaan Eren!

22. MINIONS : THE RISE OF GRU

Judul            :Minions : The Rise Of Gru
Genre            :Komedi, Keluarga, Petualangan
Tahun            :2022
Jenis            :Film - Animasi
Himbauan khusus  :-

Ingat tokoh penjahat terkenal bernama Felonius Gru? Yep! Si hidung lancip yang menjadi ayah angkat dari 3 gadis kecil — Margo, Edith dan Agnes ini berhasil mendapatkan movie khusus yang menceritakan masa mudanya. Menceritakan bagaimana Gru muda berambisi untuk bergabung dalam suatu kelompok penjahat yang terkenal, Gru muda berusaha untuk membuktikan kemampuannya. Dibantu (atau tidak) dengan para minions yang menjadi asistennya, Gru bertekad untuk menjadi penjahat terkenal. Pada film ini juga memperlihatkan bagaimana Gru muda bertemu dengan Dr. Nefario untuk pertama kali. Dan tentu saja, disini teman-teman semua bisa melihat Gru yang belum mengalami kerontokan rambut akibat stres berlebih~

23. MINIONS

Judul            :Minions
Genre            :Komedi, Keluarga, Petualangan
Tahun            :2015
Jenis            :Film - Animasi
Himbauan khusus  :-

Para makhluk kuning ini akhirnya mendapat film spesial tentang mereka sendiri  Minions. Saya menyukai opening-nya, dimana para minions menjadikan seekor Tyrannosaurus Rex atau T-Rex tuan mereka, namun berakhir tragis oleh gunung berapi. Beberapa eksistensi lain yang mereka jadikan tuan juga selalu saja berakhir miris karena keteledoran mereka. Pada akhirnya, para minions mendapatkan tuan baru, seorang penjahat wanita bernama Scarlet Overkill. Kalau teman-teman pernah atau bahkan sering melihat meme 'King Bob', maka itu berasal dari movie ini. Ending dari film Minions ini adalah saat dimana Kevin, Bob dan Stuart bertemu dengan Gru muda lalu memutuskan untuk menjadikan si kecil Gru menjadi tuan mereka yang baru.


24. DESPICABLE ME

Judul
            :Despicable Me
Genre            :Komedi, Keluarga, Petualangan
Tahun            :2010
Jenis            :Film - Animasi
Himbauan khusus  :-

Despicable Me merupakan seri pertama dari Minions Universe yang menjadi cikal bakal dikenalnya si kuning minions, pak botak Gru, dan tiga berandal kecil —Margo, Edith, Agnes— dari Illumination Entertainment, atau yang lebih dikenal sebagai bagian dari Universal Pictures. Bercerita tentang tiga gadis muda yang diadopsi Gru dari sebuah panti yang rencananya akan dimanfaatkan untuk menjual kue pada Vector, seorang penjahat yang menjadi dalang pencurian piramida dan sebuah alat seperti sinar penyusut. Rencana Gru adalah mencuri alat itu dan mengecilkan ukuran bulan lalu membawanya ke bumi, dengan begitu maka Gru akan menjadi penjahat paling terkenal yang berhasil mencuri bulan. Pada akhirnya Gru yang semula adalah penjahat dunia kini dengan tulus mengadopsi ketiga putrinya tadi dan mendapat julukan baru — Superbad and Superdad.


25. DESPICABLE ME 2

Judul            :Despicable Me 2
Genre            :Komedi, Keluarga, Petualangan
Tahun            :2013
Jenis            :Film - Animasi
Himbauan khusus  :-

Lahir sebagai sekuel dari film sebelumnya, Despicable Me 2 mengisahkan pertemuan Gru dengan Lucy Wilde, seorang agen AVL (Anti-Villains League : Liga Anti Penjahat) yang selanjutnya akan menjadi istri Gru (aseeekkk~) dan ibu dari tiga putrinya — Margo, Edith, Agnes. Gru diminta untuk menyelidiki sebuah pencurian bersama Lucy yang melibatkan seorang penjahat bernama El Macho. Kalau teman-teman ada yang lupa apakah yang dilakukan El Macho ini, maka cobalah untuk mengingat kembali para rekan kuning kita yang berubah menjadi ungu — bermutasi menjadi tidak terkendali untuk mendominasi dunia melalui serum curian yang menjadi misi utama Gru dan Lucy. Cerita berakhir bahagia saat Gru akhirnya menikah dengan Lucy dan para minions bernyanyi sebagai backsound-nya. Oh, saya sangat menikmati bagian ini~


26. DESPICABLE ME 3

Judul            :Despicable Me 3
Genre            :Komedi, Keluarga, Petualangan
Tahun            :2017
Jenis            :Film - Animasi
Himbauan khusus  :-

Despicable Me 3 menceritakan tentang Gru dan keluarga kecilnya yang berkunjung ke rumah saudara kembarnya, Dru. Dengan begitu banyak dan beragamnya senjata yang ternyata diwariskan sang ayah untuk mereka berdua, Gru yang semula sudah bertobat dan kembali ke jalan yang benar ternyata terpengaruh dan menjadi jahat kembali dengan berusaha mencuri berlian Dumont dari salah satu penjahat, Balthazar Bratt. Ending dari Despicable Me 3 ini menurut saya cukup menarik dimana Lucy berusaha menjadi ibu yang baik dengan menyelamatkan Margo, Edith dan Agnes dan mendapat pengakuan dari ketiga putrinya tersebut.


27. MR. BEAN'S HOLIDAY

Judul            :Mr. Bean's Holiday
Genre            :Komedi, Keluarga
Tahun            :2007
Jenis            :Film
Himbauan khusus  :-

Siapa yang tidak mengenal Rowan Atkinson? Kali ini beliau tampil dalam sebuah movie dari film seri terkenal Mr. Bean! Movie ini menceritakan bagaimana Mr. Bean memenangkan undian tiket berlibur ke Perancis lalu menceritakan pengalamannya untuk sampai disana. Dengan dua tokoh lain yang menemani perjalanannya, film komedi ini sangat cocok ditonton bersama keluarga dari segala usia. Salah satu adegan yang saya sukai adalah saat Mr. Bean berusaha mendapatkan uang dengan menyanyi di sebuah 'pasar' bersama dengan seorang anak laki-laki yang terpisah dari ayahnya di stasiun kereta. Dalam scene tersebut, Mr. Bean melakukan lipsync dengan lagu yang terputar dari speaker dekat sana dan itu sungguh mengundang tawa dari saya! Cerita berakhir saat Mr. Bean akhirnya sampai di tujuannya  sebuah pantai dekat gedung pemutaran film. Sungguh sebuah perjalanan yang luar biasa!


28. CARS

Judul            :Cars
Genre            :Komedi, Keluarga
Tahun            :2006
Jenis            :Film - Animasi
Himbauan khusus  :-

Salah satu film milik Pixar Animation yang terkenal adalah Cars. Bercerita tentang Lightning McQueen, sang tokoh utama berupa mobil balap berwarna merah menyala, yang akan bertanding pada suatu kejuaraan balap besar. Sayang, perjalanannya menuju area balap harus berakhir di tempat antah berantah ketika McQueen justru terdampar di Route 77, sebuah kawasan yang telah menghilang dari peta. Dahulu, Route 77 adalah salah satu jalur ramai yang dipakai oleh para pengelana untuk singgah setelah melewati padang prairi yang gersang. Namun setelah pemerintah memutuskan untuk membelah gunung yang membagi dua kawasan yang dipisahkan oleh padang prairi tersebut dan membuat jalan yang memotong jalur itu, semakin sedikit pengelana yang berhenti di Route 77. Misi McQueen kini tidak hanya sekadar memenangi Piston Cup, tapi juga memastikan bahwa Route 77 dapat kembali ramai seperti dulu untuk membantu teman-teman barunya.

Dan Cars adalah film terakhir yang saya tonton di bulan September 2022!

Itulah daftar film yang 'berhasil' saya nikmati selama 1 bulan. Dari total 28 film, hanya 1 film yang saya tonton untuk pertama kali — yaitu Love All Play, sisanya adalah film yang saya re-watch kembali. Walau bukan untuk yang pertama kali, rasanya seru juga untuk mengingat lagi jalan ceritanya! Untuk yang berseri, kadang saya sering tertukar dengan ide movie pertama, kedua atau ketiganya. Sebagai contoh adalah Minions Universe, termasuk di dalamnya adalah Despicable Me. Rekomendasi film ini hanya sekadar untuk memberikan saran tontonan kepada teman-teman ya! Sama sekali tidak bermaksud meninggikan apalagi merendahkan suatu film (karena —sekali lagi— saya tidak disponsori oleh pihak manapun).

Akhir kata, selamat menonton!
Salam!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar