17 Agustus 2014

Bagaimana Cara Bunglon Mengubah Warna Tubuhnya?

Pernah melihat cincin yang bisa berubah warna yang populer di tahun 1960-an? Cincin ini berubah warna mengikuti panas tubuh, yang dianggap mencerminkan emosi pemakainya. Yah, semacam itulah bunglon. Bunglon macan kumbang Madagaskar berubah dari hijau biasa menjadi berbagai warna menyala sebelum pergi bertempur, seperti jaket merah tentara Inggris dalam Perang Revolusi Amerika. Semakin marah bunglon jantan ini, semakin terang warnanya.


Pada musim kawin, bunglon berubah warna untuk menarik atau menolak lawan jenis. Betina biasa yang kecokelatan dapat berubah menjadi jingga terang, menandakan hewan itu bersedia kawin. Setelah kawin dengan jantan pilihannya, bunglon betina berubah menjadi warna Halloween. Ini memberitahu jantan lain bahwa bunglon cantik ini, sayangnya, sudah ada yang punya.


Perubahan suhu juga dapat menyebabkan perubahan warna. Bunglon dapat menggunakan warna untuk mengatur suhu tubuhnya. Dengan memilih warna lebih gelap, bunglon akan menyerap lebih banyak panas dan menjadi hangat. Pergantian ke warna terang akan memantulkan lebih banyak panas, membantu si bunglon merasa sejuk.

 




Ø  Sumber : How Come? Safari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar