23 September 2014

Dasar Pengambilan Keputusan

 George R. Terry menyebutkan 5 dasar (basis) dalam pengambilan keputusan, yaitu :

1)      Intuisi
Pengambilan keputusan berdasarkan intuisi adalah pengambilan keputusan yang berdasarkan perasaan yang sifatnya subyektif. Dalam pengambilan keputusan, meski waktu yang digunakan untuk mengambil keputusan relatif pendek, tetapi keputusan yang dihasilkan relatif kurang baik karena seringkali mengabaikan dasar-dasar pertimbangan lainnya.



2)      Pengalaman
Pengambilan keputusan berdasarkan pengalaman seringkali memiliki manfaat bagi pengetahuan praktis. Karena dengan pengalaman yang dimiliki seseorang, maka ia dapat memperkirakan suatu keadaan, mnghitung untung ruginya, dan baik buruknya keputusan yang dihasilkan.

3)      Wewenang
Pengambilan keputusan berdasarkan wewenang biasanya dilakukan pimpinan terhadap bawahannya. Hasil keputusannya dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama dan memiliki otentisitas (otentik), tetapi dapat menimbulkan sifat rutinitas, mengasosiasikan dengan praktek diktatoral, dan sering melewati permasalahan yang seharusnya dipecahkan sehingga menimbulkan kekaburan.

4)      Fakta
Pengambilan keputusan berdasarkan data dan fakta empiris dapat memberikan keputusan yang sehat, solid, dan baik. Dengan fakta, tingkat kepercayaan terhadap pengambilan keputusan dapat lebih tinggi, sehingga orang dapat menerima keputusan yang dibuat itu dengan rela dan lapang dada.

5)      Rasional
Pada pengambilan keputusan yang berdasarkan pada rasio, keputusan yang dihasilkan bersifat obyektif, logis, lebih transparan, dan konsisten untuk memaksimumkan nilai dalam batas kendala tertentu, sehingga dapat dikatakan mendekati kebenaran atau sesuai engan apa yang diinginkan Pengambilan keputusan secara rasional ini berlaku sepenuhnya dalam keadaan yang ideal. Pada pengambilan keputusan secara rasional, terdapat beberapa hal sebagai berikut :

a) Kejelasan masalah, tidak ada keraguan atau kekaburan masalah
b) Orientasi kesatuan tujuan yang ingin dicapai
c) Pengetahuan alternatif yang diketahui jenis dan konsekuensinya
d) Preferensi yang jelas dan bisa diurutkan sesuai kriteria

e) Hasil maksimal pemilihan alternatif terbaik berdasarkan atas hasil ekonomis yang maksimal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar