05 April 2014

Filipina




Ø Lanskap

Sawah berpetak-petak di wilayah pegunungan Banaue di Pulau Luzon dikembangkan oleh nenek moyang orang Ifugao dan dianggap sebagai obyek sawah terindah di dunia. Jalan diantara Baguio dan Bontoc, yang dikenal sebagai Mountain Trail (Jejak Gunung), adalah jalan tertinggi di negara itu dan menawarkan pemandangan spektakuler di sekitarnya.



ooiya.com (Gunung Api Taal)
Di seluruh Filipina terdapat gunung berapi. Pada 1991, Gunung Pinatubo di barat laut Manila, meletus hebat, hingga meninggalkan gurun abu yang sejak itu dibentuk kembali oleh pengaruh hujan dan angin topan. Sekarang para hiker suka meneliti bentang alam vulkanis ini. Di sebelah barat daya ibu kota, Gunung Api Taal menjulang dari danau dengan nama yang sama. Keindahannya hanya bisa disaingi oleh Gunung Mayon, gunung berapi paling aktif di Filipina.

Di Pulau Bohol terdapat Bukit Cokelat, bukit luar biasa yang berubah menjadi cokelat tua selama musim hujan. Sekitar 60 mil di tenggara Manila terdapat air terjun Pagsanjan, tempat setting film Apocalypse Now diambil. Di Mindanao, tempat-tempat yang paling menarik adalah Davao Grotto, Danau Sebu,dan sawah terasering dekat Desa Bangaan.

Pulau Palawan juga penting dikunjungi karena pantai-pantainya maupun daerah pendalamannya. Di utara Palawan, Kepulauan Calamian terkenal akan hutan-hutannya, sumber mata air panas, dan rawa-rawa dengan hutan bakau ; Pulau Busuanga dan Coron dikenal akrena batu karangnya.

Ø Pantai


Pantai-pantai terhampar dengan pasir yang lembut dan dasar laut yang berbatu karang sebagai habitat bagi ikan-ikan tropis. Para wisatawan berkumpul di pulau-pulau Visayas (Cebu, Bohol, Panay dan Boracay) untuk melakukan olahraga air.

gettingstamped.com (El Nido)
Di dekat Pulau Palawan dianggap sebagai salah satu pulau terindah di wilayah timur jauh. Karang terjalnya yang berwarna hitam penuh sarang burung walet (di wilayah El Nido). Zamboanga, dengan pantai-pantainya yang berpasir putih dan berbatu karang, merupakan tujuan wisata lain yang populer.

Filipina juga terus dirahasiakan diantara orang-orang barat yang menikmati kegiatan menyelam (khususnya di Visayas) dan olahraga air lainnya. Para penggemar olahraga air ini lebih menyukai daerah disekitar Pulau Mindoro (Puerto Galera), Palawan, Batangas di Luzon, dan di selat Mindoro dan Bohol.

Manila berkembang sesuai reputasinya sebagai kota berpenduduk terlalu padat. Namun, beberapa budaya (terutama Spanyol dan Amerika) menjadikannya pantas untuk dikunjungi. Kehadiran Spanyol yang cukup lama di Filipina meninggalkan pengaruh arsitektur di banyak Gereja dan benteng. Jangan lewatkan intramuros (kota di dalam benteng) dari abad ke-16, Gereja. Istana. Pasar (Quinto), dan daerah pecinan. Di Zamboanga dan Cebu, arsitektur bangunan menggambarkan masa lalu Spanyol dan muslim di kota-kota tersebut.


Catatan Pelancong
·  Bahasa resmi bahasa Tagalog juga dikenal sebagai bahasa Filipino, ada juga bahasa Inggris dan Spanyol
·  Mata uang ; peso
·  85% penduduk menganut Katholik
·  Buah tangan yang bagus ; porselen, tekstil, produk-produk dari bambu dan rotan, barang-barang dari mutiara
·  Cuaca musiman bisa menjadi masalah bagi beberapa pelancong




















Sumber : ‘100 Countries 5000 Ideas’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar