11 Januari 2024

Menikmati Film : Memasuki Marvel Universe! — Desember 2022


Akhir tahun 2022 saya ditutup dengan beberapa tontonan menarik—yang sudah cukup terlihat apa isinya berdasarkan judulnya saja. Jumlahnya tidak banyak, namun dipenuhi dengan berbagai adegan aksi yang sangat cocok dinikmati selama liburan. Marvel Universe telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari perfilman dunia, dan karena itulah saya memutuskan untuk mengakhiri tahun 2022 dengan seri ini!

Lantas apa sajakah film tersebut?

1. PINOCCHIO

Judul            :Pinocchio
Genre            :Drama, Keluarga, Fantasi, Musikal
Tahun            :2022
Jenis            :Film - Live Action
Himbauan khusus  :-

Pinocchio ini adalah salah satu karya Disney berupa film fantasi musikal yang rilis pada tahun 2022. Film ini mempunyai alur yang kurang lebih sama dengan cerita-cerita Pinocchio di luar sana ; Seorang kakek tua pengrajin kayu membuat sebuah boneka berwujud anak laki-laki. Pada malam hari, saat sang kakek tengah tertidur lelap, sesosok Peri muncul dan memberi kehidupan pada sang boneka kayu. Alur yang paling diingat setiap orang tentu saja adalah saat dimana Pinocchio berbohong, maka hidung kayunya akan bertambah panjang. Secara keseluruhan, Live Action Pinocchio ini sangat layak untuk ditonton bersama keluarga. Ceritanya ringan, animasinya bagus dan penuh dengan komedi, serta diselingi dengan berbagai nyanyian.

2. THE MEDIUM

Judul            :The Medium
Genre            :Horor
Tahun            :2021
Jenis            :Film
Himbauan khusus  :Darah, kekerasan, adegan dewasa

The Medium cukup populer saat awal rilisnya, menceritakan tentang dokumentasi kehidupan perdukunan di salah satu pedesaan Thailand yang masih mempercayai hal-hal mistis. Saya sangat excited untuk menonton film ini kala itu, namun sepertinya ekspektasi saya terlalu tinggi karena ternyata perasaan saya hanya sebatas 'biasa-biasa saja' setelah menikmatinya. Meski begitu, The Medium sangat layak untuk ditonton. Horornya sangat terasa, apalagi dibagian pertengahan hingga akhir cerita. Tidak ada hantu disini, semua rasa 'ngeri' yang didapat penonton murni berasal dari akting para pemainnya serta suasana yang mendukung. Konsepnya seperti film dokumenter dan tidak ada pengecualian "kameramen dijamin selamat" dalam film ini. Adegan dewasa yang menurut saya cukup mengganggu bila ditonton bersama keluarga juga ada, begitupun dengan aksi "kanibalisme" yang membuat saya sampai tutup mata. 

3. CAPTAIN AMERICA : THE FIRST AVENGER

Judul            :Captain America : The First Avenger
Genre            :Aksi, Petualangan, Sci-Fi
Tahun            :2011
Jenis            :Film
Himbauan khusus  :-

Sejauh yang saya ketahui, Captain America : The First Avenger adalah salah satu film dari seri Marvel Universe yang harus ditonton untuk pertama kali. Mengapa saya berkata demikian? Karena menurut apa yang saya baca di mbah gugel (saya tidak tahu kebenarannya T_T), alur waktu untuk seri Avengers dimulai dari Captain America. Film kali ini menceritakan bagaimana Steve Rogers berubah dari pria kurus dengan riwayat penyakit menjadi pahlawan perang Amerika setelah mengikuti serangkaian uji coba teknologi militer USA kala itu. Latar belakang cerita diambil sekitar tahun 1900-an, sangat cocok untuk teman-teman yang menyukai aksi dan perang. Bisa dikatakan Captain America : The First Avenger ini adalah awal mula seri Avengers setelahnya meskipun bukanlah film pertama buatan Marvel Cinematic Universe.

4. CAPTAIN MARVEL

Judul            :Captain Marvel
Genre            :Aksi, Petualangan, Sci-Fi
Tahun            :2019
Jenis            :Film
Himbauan khusus  :-

Salah satu pahlawan super wanita buatan Marvel tentu saja adalah Captain Marvel, dengan identitas asli bernama Carol Danvers. Di film ini, teman-teman akan menyaksikan apa yang menyebabkan luka pada salah satu mata Nick Furry, agen S.H.I.E.L.D. yang selanjutnya akan menjadi salah satu tokoh penting yang menyatukan para pahlawan super The Avengers, yang mana nama tersebut diambil Nick dari panggilan Carol saat masih berada di Angkatan Udara USA, Avenger. Secara keseluruhan film ini cukup menghibur dan aksinya tidak kalah seru jika dibandingkan dengan karya Marvel yang lain. Captain Marvel berada di nomor dua jika teman-teman ingin menonton seri Marvel Universe dengan urut berdasarkan waktu kejadian.

5. JIBAKU SHOUNEN HANAKO-KUN

Judul            :Jibaku Shounen Hanako-kun
Genre            :Komedi, Supernatural, Friendship
Tahun            :2020
Jenis            :Series (12) - Animasi
Himbauan khusus  :-

Anime bergenre komedi-supernatural ini sangat menyenangkan untuk ditonton. Saya tertarik untuk menikmatinya saat melihat teaser-nya, warnanya unik dan desainnya juga berbeda dengan kebanyakan anime diluar sana. Series yang berisi 12 episode ini berkisah seputar bagaimana sang tokoh utama wanita bertemu dengan hantu toilet di gedung lama sekolahnya yang berwujud seorang anak laki-laki bernama Hanako. Sebagai orang yang hanya menikmati anime-nya tanpa membaca manga-nya, tentu saja kehadiran saudara kembar Hanako, Tsukasa, pada pertengahan anime hingga menimbulkan kerusuhan membuat saya bertanya-tanya tentang bagaimana sebenarnya hubungan kedua orang ini saat masih hidup. Secara keseluruhan, anime ini layak untuk dinikmati!

6. IRON MAN

Judul            :Iron Man
Genre            :Aksi, Petualangan, Sci-Fi
Tahun            :2008
Jenis            :Film
Himbauan khusus  :-

Dari total 3 film Marvel yang sudah saya tonton, Iron Man ini menempati urutan teratas yang paling saya nikmati. Film ini menceritakan tentang bagaimana Tony Stark mendapat julukan 'Si Manusia Besi' dan menjadi salah satu Avengers yang paling disukai oleh para penikmat Marvel. Dengan background cerita yang masuk akal, perkembangan karakter yang baik, dan pengambilan gambar yang cantik, Iron Man berhasil membuat saya terpana dan memberikan aplaus untuk film ini. Saya sangat suka akting dari Robert Downey Jr., dan itu adalah salah satu hal yang menjadikan Iron Man sebagai salah satu Avengers favorit saya.

7. THE INCREDIBLE HULK

Judul            :The Incredible Hulk
Genre            :Aksi, Petualangan, Sci-Fi
Tahun            :2008
Jenis            :Film
Himbauan khusus  :-

Film tentang si manusia besar berwarna hijau ini menduduki urutan keempat yang harus dinikmati jika teman-teman berencana untuk menonton seri Marvel Universe berdasarkan waktu kejadian. Ini merupakan awal cerita bagaimana Bruce Banner dapat berubah menjadi Hulk setiap kali emosinya tidak stabil, khususnya saat ia merasa marah. Saya kurang menikmati jalan ceritanya, mungkin karena Hulk bukan salah satu anggota Avengers favorit saya. Namun karena ini hanya bersifat personal, tentunya The Incredible Hulk masih layak untuk dinikmati!

8. IRON MAN 2

Judul            :Iron Man 2
Genre            :Aksi, Petualangan, Sci-Fi
Tahun            :2010
Jenis            :Film
Himbauan khusus  :-

Film kedua dari Iron Man ini kembali menampilkan Tony Stark beserta baju besinya, ditambah dengan kehadiran Nick Furry yang sebelumnya telah dibahas masa lalunya di film Captain Marvel, dan Natasha Romanoff, anggota The Avengers yang selalu berhasil membuat saya takjub dengan kemampuan luar biasa dari akting berkelas Scarlett Johansson! Secara pribadi, saya lebih menikmati Iron Man yang pertama dibandingkan dengan yang kedua ini. Namun sama seperti The Incredible Hulk, Iron Man 2 juga mempunyai keseruannya sendiri saat menontonnya!

9. THOR

Judul            :Thor
Genre            :Aksi, Petualangan, Sci-Fi
Tahun            :2011
Jenis            :Film
Himbauan khusus  :-

Tanpa mengurangi rasa hormat, Thor menempati urutan terbawah dari seri Marvel Universe favorit saya. Tidak ada yang salah dengan film ini—akting para pemainnya berkelas, penggambaran suasananya bagus, alurnya baik, konfliknya mudah dinikmati namun tetap dikemas elegan. Ini hanya opini pribadi saya, jadi mohon maaf untuk para pecinta Thor yang mungkin kurang sependapat dengan saya. Jujur saja, kisah cinta Thor disini sangat mengganggu—poin itu yang membuat saya tidak menyukai film Thor ini. Tingkat 'bucin' baik dari sisi Thor maupun Jane disini sungguh tidak masuk akal dan justru terlihat menjengkelkan. Tidak ada angin, tidak ada hujan, langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Padahal kalau kita pikirkan secara akal sehat, seharusnya Jane ini merasa takut dengan Thor. Sudah bukan masuk spesies manusia, dari dunia antah berantah pula. Bisa-bisanya Jane jatuh cinta dengan Thor yang tidak jelas masuk kategori makhluk hidup jenis apa menurut ilmu bumi. Thor juga sama saja—bukannya bertanggungjawab dan berusaha mempertahankan eksistensi makhluk bumi, pahlawan yang satu ini justru 'main cinta-cintaan' sama penduduk bumi. Di film ini, nampaknya semua menjadi gila karena cinta~

10. THE AVENGERS

Judul            :The Avengers
Genre            :Aksi, Petualangan, Sci-Fi, Fantasi
Tahun            :2012
Jenis            :Film
Himbauan khusus  :-

Berlawanan dengan Thor, The Avengers menduduki posisi pertama sebagai bagian dai Marvel Universe yang saya nikmati sejauh ini. Bergabungnya Iron Man, Thor, Hulk, Captain America, dan kawan-kawan superhero lainnya membuat film ini menjadi salah satu yang terbaik. Berkisah tentang kekacauan yang dibuat oleh Loki, adik dari Thor, di dunia manusia dengan menggunakan sumber energi Tesseract, para pahlawan ini berkumpul bersama untuk menyelamatkan muka bumi. Secara keseluruhan, The Avengers ini sangat layak untuk dinikmati bersama keluarga!

The Avengers menjadi film penutup di bulan Desember sekaligus tahun 2022 dengan total 7 film dari seri Marvel Universe, 1 film dari Disney, 1 film horor, dan 1 anime. Kesemuanya sangat layak untuk ditonton, tergantung dari preferensi masing-masing. Untuk saya pribadi, The Avengers menempati urutan pertama yang saya nikmati. Di posisi kedua ada Iron Man, dan diurutan ketiga adalah Iron Man 2. Sekali lagi, semuanya bisa berbeda tergantung selera ya!

Selamat menonton~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar