05 Juli 2013

Fakta Unik Seputar Film Star Trek


Mendengar nama Star Trek tentunya tidak asing lagi di telinga kita. Terlintas di benak kita sebuah petualangan menakjubkan di luar angkasa, kecanggihan teknologi masa depan, hingga menumpas kejahatan di dunia antah berantah.  Di balik sukses yang luar biasa tersebut, ada beberapa fakta unik seputar film Star Trek. Nah untuk para Trekkies, ini dia beberapa fakta unik dari film kesukaan kita, Star Trek...


1. Kecepatan warp. Tentu para Trekkies tidak asing lagi mendengar nama ini. Warp digunakan pada film Star Trek agar dapat berpindah antar galaksi dengan cepat, melebihi kecepatan cahaya! Namun tahukah Trekkies, kecepatan warp seperti ini telah diteliti oleh para ilmuwan dan mereka menyimpulkan bahwa manusia akan terbunuh jika mereka berpindah ke satu tempat terlalu cepat, bahkan melebihi kecepatan cahaya. Jadi, warp pada film Star Trek sejauh ini belum dapat direalisasikan di dunia nyata.


2. Pesawat ruang angkasa NASA yang pertama bernama Enterprise, yang terinspirasi dari nama pesawat USS Enterprise di serial televisi Star Trek. Kebayangkan, gimana kerennya film Star Trek sampai NASA memakai namannya untuk pesawat ruang angkasa pertamanya? Pasti para peneliti pertama di NASA kebanyakan seorang Trekkies kali ya?


3. Steve Nighteagle, seorang pria asal Colorado, Amerika Serikat ini, telah berhasil 'menyulap' rumahnya menjadi sebuah bangunan unik nan istimewa. Desain rumahnya tersebut dia ambil dari film kesukaannya, Star Trek. Steve membutuhkan waktu sekitar 7 tahun untuk mewujudkan rumah idamannya tersebut, dan tentunya idaman para Trekkies juga!


4. Mengajarkan kita untuk menjadi pemimpin sejati. Setiap episode Star Trek, pasti ada saja pesan moral yang tersampaikan kepada para penontonnya. Ketegasan, kemampuan bernegosiasi dengan semua pihak, delegasi, kontrol dan pengawasan diri, empati, kesabaran, keberanian, pengorbanan untuk bawahannya, kemampuan mengambil keputusan dibawah tekanan, kemampuan untuk menerima kritik dan masukan, keberanian mengakui kesalahan, dan lainnya.


5. Pengorbanan dan kebersamaan. Itulah ajaran terbaik yang terdapat dalam film ini. Di salah satu serial, Star Trek Into Darkness (2013), Kirk (Kapten USS Enterprise) mengorbankan nyawanya untuk keselamatan seluruh awaknya. Kirk masuk kedalam ruangan ber-radiasi untuk memperbaiki sumber daya Enterprise yang saat itu rusak dan jatuh ke bumi. Saat mengetahui Kirk wafat, semua kru bersedih. Bahkan Spock yang dianggap sebagai 'mahluk bersifat paling dingin' dan mengaku 'tidak berperasaaan' itu mengejar Khan (sang antagonis) untuk membalaskan kematian sahabatnya.


6. Perbedaan adalah hal yang menarik. Fakta unik ini sungguh sangat nyata dalam serial ini. Kapten Kirk mempunyai sifat yang arogan, keras kepala dan tidak pernah taat pada peraturan yang ada. Namun ia memiliki kecerdasan dan kepercayaan pada orang lain yang begitu kuat. Lain halnya dengan Spock. Ia memiliki karakter yang lembut, tegas, selalu mengutamakan logika, dan sangat taat pada peraturan. Spock adalah manusia setengah Vulcan. Kebijakan Spock dan kecerdasan Kirk adalah 2 hal yang menjadi kekuatan bagi Enterprise dalam film ini. Bayangkan, seorang yang sangat taat aturan berada satu ruang dengan orang yang sangat senang melanggar aturan. Seorang yang bersifat 'super dingin' berada satu ruang dengan orang 'super keras kepala'. Bagaimana jadinya? Sungguh perbedaan yang menjadi kekuatan!

7. Perasaan. Bangsa Vulcan adalah bangsa dimana mentaati aturan adalah nomor satu. Memprioritaskan aturan, itulah cara mereka. Begitu juga dengan Spock. Walau di dalam tubuhnya mengalir darah manusia, ia sangat menginginkan menjadi seorang Vulcan sesungguhnya, menjadi seorang Vulcan sejati. Pernah suatu ketika Kirk berdebat dengan Spock yang menggunakan logika semata. Kirk dengan tegas mengatakan,

"Spock, itulah perbedaan kami, manusia. Kami memiliki perasaan."





Tidak ada komentar:

Posting Komentar