28 Juni 2013

Spanyol


Spanyol, siapa yang tidak mengenal negara ini. Berada di benua Eropa tepatnya di sebelah barat daya bersama Portugal membuatnya berbatasan langsung dengan negara mode dunia, Perancis. Wilayahnya juga terdiri dari kota Ceuta dan Melilla di Afrika Utara, Kepulauan Canary di Samudera Atlantik, dan berbagai pulau di Laut Tengah. Spanyol dibagi menjadi 50 provinsi, dikelompokkan dalam 17 wilayah otonomi dan 2 kota otonomi. Madrid adalah kota terbesar di Spanyol sekaligus sebagai ibukota dari negara tersebut.

Ø Pantai

thomson.co.uk (Pantai Costa Blanca)
Spanyol adalah salah satu negara yang menjanjikan pantai sebagai 'nilai jual'-nya. Pesisir Mediterania terus menjadi tujuan wisata yang disukai berkat pantainya yang panjang dan cuacanya yang cerah. Dari Catalonia ke Andalusia membentang beberapa costa : Costa Brava, Costa Dorada, Costa del Azahar, Costa Blanca, dan Costa del Sol. Pantai tenggara, yang disebut Costa de la Luz merupakan salah satu tempat langka yang belum masuk dalam pariwisata pantai internasional.

Ø Kota dan Monumen


Di Bilbao, Museum Guggenheim yang dibangun oleh Frank Gehry dikagumi karena koleksi seni kontemporer maupun arsitekturnya. Katedral Santago de Compostela, tujuan ziarah yang sudah sangat tua. Di Zaragoza, Basilica of Our Lady of the Pillar dan Istana Aljaferia, istana penguasa Muslim kuno yang kemudian menjadi tempat tinggal raja Katholik dari Aragon. Di Valencia ada Lonja de la Seda dan Caceres, yang tercatat sebagai warisan UNESCO karena arsitekturnya yang bercampur antara Romawi, Muslim, dan Kristen. Ada pula taman Aranjuez yang sangat indah di Madrid.

Ø Warisan Budaya

www.alpetour.si (Tarian Flamenco)
Orang Spanyol berkumpul di arena Plaza de Toros untuk memulai corrida, adu banteng, pada hari minggu pukul 5 sore. Festival San Fermin di Pamplona pada awal bulan juli sangat menyenangkan ketika banteng berlarian di jalanan kota sementara penduduk yang berpartisipasi lari menghindari serudukan mereka. Festa de la Merce di Barcelona pada tanggal 24 september, Karnaval Cadiz di kompleks Wina, dan tentu saja pertunjukan tarian Flamenco di Andalusia yang pasti akan menarik pengunjung.



Catatan Pelancong
·  Bahasa resmi bahasa Spanyol ; Basque di wilayah Basque ; Catalan di Catalonia dan dikepulauan Balearic
·  Mata uang ; euro
·  Kebanyakan penduduk menganut Katholik
·  Buah tangan yang bagus ; gitar klasik dari para pengrajin di Andalusia, kipas yang dilukis, kastanyet
·  Sulit mengesampingkan pandangan bahwa pesisir dipenuhi gedung pencakar langit

















Sumber : '1000 Countries 5000 Ideas'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar