12 Juli 2020

Jenis Tampilan Dalam Microsoft Word

Tampilan awal MS. Word - © : Lucas Woods

Dalam dunia pendidikan, kerja dan lainnya tentu penggunaan Microsoft Office sebagai salah satu media untuk menyelesaikan berbagai macam pekerjaan adalah hal yang biasa. Hampir setiap orang di seluruh dunia memahami operasi dasar dari software ini. Mulai dari Microsoft Word, Excel, Power Point, OneNote, Publisher, Outlook dan sebagainya. Dari banyaknya 'produk' yang dihasilkan Microsoft, salah satu yang paling terkenal adalah Microsoft Word dimana penggunaannya bahkan sudah diajarkan sejak anak duduk di bangku sekolah dasar. Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit informasi mengenai jenis tampilan yang ada dalam Microsoft Word. Ini bukanlah sesuatu yang sulit karena memang sesungguhnya merupakan bagian dari pengetahuan dasar, hanya saja mungkin masih ada yang belum mengerti lebih lanjut dikarenakan tampilan awal Microsoft Word yang memang sudah diatur. Lantas bagaimana jika tampilan awalnya berubah dan tidak sesuai dengan yang biasa digunakan?


Hal dasar yang perlu diketahui adalah terdapat 3 (tiga) jenis tampilan dalam Microsoft Word ; Read Mode, Print Layout, dan Web Layout.

1. Read Mode


Tampilan 'Read Mode' - © : Lucas Woods

Dalam mode ini, Microsoft Word hanya menampilkan file atau dokumen saja. Artinya, tidak dapat dilakukan pengeditan terhadap isinya. Seperti namanya, mode ini hanya digunakan untuk membaca saja. Jadi andaikan teman-teman ingin membaca suatu dokumen dan takut mengubah isinya tanpa sengaja (misalkan tanpa sadar menghapus beberapa kata atau mengubah susunan paragraf), maka pilihan tampilan ini adalah tepat.


2. Print Layout

Tampilan 'Print Layout' - © : Lucas Woods

Ini adalah mode normal dari Microsoft Word. Mode ini digunakan apabila teman-teman ingin melihat bagaimana hasil jika dilakukan print out terhadap isi dokumen. Print layout adalah tampilan awal yang biasa digunakan saat pertama kali membuka lembar Microsoft Word sekaligus sebagai mode yang umum dan paling sering digunakan.


3.Web Layout

Tampilan 'Web Layout' - © : Lucas Woods

Menurut keterangannya, Web Layout akan membuat dokumen terlihat seperti postingan pada halaman website dan sangat cocok untuk file yang mempunyai tabel berukuran besar. Menurut saya pribadi, tampilan pada Web Layout ini terlihat seperti koran dan sepertinya bisa diperuntukan bagi mereka yang ingin seluruh halaman terisi penuh dengan kata. Bentuknya seperti landscape, namun saya lebih merekomendasikan pilihan (orientation : landscape) dibandingkan (view : web layout).

  • Untuk memilih jenis tampilan, bisa dengan memilih menubar View lalu lihat pada bagian kiri layar, terdapat 3 (tiga) pilihan. Lebih lanjut, dapat juga diakses secara langsung dengan memperhatikan 3 (tiga) icon yang terdapat pada kanan bawah layar disamping icon zoom. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan kotak warna merah pada gambar.
Memilih jenis tampilan - © : Lucas Woods

  • Untuk memilih jenis orientasi ; vertikal atau horizontal, bisa dengan memilih menubar Page Layout lalu klik pada submenu Orientation. Akan terdapat 2 (dua) pilihan ; potrait untuk vertikal dan landscape untuk horizontal. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan kotak warna merah pada gambar.

Memilih jenis orientasi - © : Lucas Woods


  • Untuk memilih jumlah kolom, bisa dengan mengklik menu Page Layout lalu Columns. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan kotak warna merah pada gambar.
Memilih jumlah kolom - © : Lucas Woods

  • Jika seandainya halaman hanya menunjukkan menubar tanpa adanya submenu seperti pada gambar berikut :
Hanya terlihat menubar tanpa submenu-nya - © : Lucas Woods

maka
klik pada salah satu menubar (misalnya Home) lalu pilih icon seperti paku payung pada bagian kanan layar. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan kotak warna merah pada gambar.


'Memaku' submenu pada dinding halaman - © : Lucas Woods

Tidak ada komentar:

Posting Komentar