12 Februari 2017

SCP Foundation


SCP Foundation adalah sebuah yayasan yang didirikan dengan maksud menangani segala sesuatu—baik berupa benda, makhluk hidup, ataupun tempat—yang bersifat di luar nalar. SCP sendiri merupakan singkatan dari Secure, Contain, Protect. Secara harfiah, SCP Foundation ini bertujuan untuk mengamankan segala sesuatu yang bersifat anomali. Setelah mengamankan objek, SCP Foundation akan melakukan pengurungan terhadap objek dengan maksud agar terhindar dari publik yang mencoba mencari atau bahkan berusaha menggunakan objek tersebut. Selain mengamankan dan mengurung, SCP Foundation juga bertujuan untuk melindungi semua objek yang berada dibawah yayasan. Dikabarkan bahwa SCP Foundation ini berada di seluruh negara dan bergerak tanpa diketahui masyarakat demi mencegah timbulnya kepanikan. Mereka seperti bergerilya dalam menjaga ras manusia agar mampu bertahan sampai akhir dalam menghadapi sesuatu yang tidak dapat dijelaskan secara ilmiah menurut ilmu pengetahuan. Selanjutnya, objek yang ditahan dalam SCP Foundation ini diberi nama sesuai dengan nama yayasan dan diberi nomor dibelakangnya (contoh : SCP—001).

Dalam SCP Foundation dikenal dengan apa yang disebut dengan Objek Kelas, yaitu pembagian yang menentukan apakah suatu objek anomali bersifat berbahaya atau tidak. Pada umumnya, objek kelas yang dikenal dalam SCP Foundation ini adalah 3 (tiga)—namun sebenarnya pembagian objek ini terdiri dari 6 (enam) kelas. Hanya saja, 2 (dua) dari 3 (tiga) kelas lain merupakan sub-kelas dari kelas utama dan yang terakhir merupakan kelas khusus sehingga tidak begitu dikenal (bahkan ada yang meragukan apakah ketiga kelas ini termasuk dalam objek kelas yang diatur oleh SCP Foundation atau tidak). Selain objek kelas, SCP Foundation juga mengenal sistem hierarki berikut pembagian tugas dalam personelnya. SCP Foundation juga memiliki suatu unit yang disebut-sebut merupakan 'best from the best' diantara personel lainnya dan mengakui adanya beberapa situs atau area yang digunakan sebagai tempat untuk menahan berbagai objek SCP.

Dalam prosedur penahanan khusus yang dilakukan SCP Foundation untuk menangani objek tertentu, yayasan kerapkali menyertakan berbagai laporan percobaan maupun pemeriksaan terkait dengan objek yang sedang diteliti. Hasil akan dipublikasikan namun untuk beberapa hal yang dianggap merupakan 'rahasia database yayasan' akan dihapus ataupun disensor demi menjaga privasi serta mencegah kepanikan. Macam-macam operasi yang telah dijalankan oleh satuan elit SCP Foundation serta beberapa lembaga yang disinyalir memiliki tujuan yang sama atau bertentangan dengan yayasan juga dipublikasikan, namun dengan data yang tidak selengkap dari apa yang seharusnya. Dalam deskripsinya, pihak SCP Foundation bahkan tidak segan-segan memberitahukan seperti apa lambang atau simbol dari organisasi yang dimaksud maupun nama dari operasi yang dilakukan oleh satuan elitnya.

Keberadaan SCP Foundation di dunia nyata kerap kali menjadi pertanyaan. Ada yang mempercayainya namun tidak sedikit juga yang meragukan keberadaannya. Menurut pendapat saya pribadi, SCP Foundation ini adalah sebuah karya fiksi. Saya mengatakan ini karena saya melihat dalam situs (blog) mereka bahwa kita dapat ikut serta membuat objek SCP kita sendiri (tentunya setelah mendaftar). Dilain waktu, saya menemukan beberapa komentar dalam sebuah situs lain yang mengatakan bahwa mereka adalah salah satu pengarang objek SCP yang SCP kepunyaan mereka telah dimasukkan kedalam katalog SCP Foundation—mereka mengakuinya sendiri. Saya tidak tahu apakah ini benar atau tidak. Namun jika saya boleh berpendapat (ini adalah spekulasi saya sendiri), maka SCP Foundation ini adalah fiksi. Alasan mengapa saya menganggap demikian adalah sebagai berikut :

1. Saya melihat adanya bagian dalam situs (yang dipercaya sebagai situs resminya oleh cukup banyak orang) yang menjelaskan tentang bagaimana seseorang dapat berpartisipasi menciptakan objek SCP-nya sendiri.

2. Saya melihat adanya pengakuan (entah benar atau tidak) dari orang yang menulis salah satu objek SCP.

3. Ketidaklogisan dimana objek anomali yang seharusnya dikurung agar terhindar dari masyarakat yang bermaksud mencari atau menggunakannya (Contain) justru disebarluaskan informasinya dalam situs dengan memberikan deskripsi, prosedur penahanan khusus, lampiran percobaan dan sebagainya (mengesampingkan bahwa ada beberapa data yang dihapus ataupun disensor).

4. Banyaknya orang yang menganggap bahwa SCP Foundation ini adalah bagian dari creepypasta yang sebagian besar merupakan karya fiksi.

Namun saat saya pertama kali mengenal SCP Foundation, saya meyakini bahwa yayasan ini adalah nyata—hidup diantara ras manusia untuk melindungi manusia itu sendiri dengan alasan sebagai berikut :

1. Saya menemukan situsnya (sekali lagi, yang dipercaya merupakan situs resminya) yang berisi begitu banyak objek SCP—terlalu banyak jika ditujukan kepada sekelompok orang iseng yang bermaksud menakut-nakuti.

2. Data yang dilampirkan dalam situs terlihat meyakinkan—berisi deskripsi objek, prosedur penahanan khusus, lampiran percobaan maupun efek anomali yang ditimbulkannya, hingga kaitan antara satu objek dengan objek lainnya yang apabila diamati ternyata memang memiliki hubungan.

3. Tidak hanya data objek SCP yang dimuat dalam situs SCP Foundation tersebut—penjelasan mengenai pembagian objek kelas, tingkatan personel dalam yayasan, area yang digunakan sebagai tempat penahanan objek, hingga satuan elit dalam yayasan termasuk berbagai macam operasi yang telah mereka lakukan juga terlampir dalam situs tersebut. Sekali lagi, orang iseng mana yang dengan senang hati menulis begitu banyak laporan dalam satu situs? Kalaupun ada, mereka pastilah orang-orang dengan tingkat imajinasi yang luar biasa!

Keberadaan SCP Foundation ini memang diragukan. Namun eksistensinya yang masih dipertanyakan itulah justru menjadi daya tarik orang banyak untuk digali lagi kebenarannya. Ada yang menganggap SCP Foundation ini hanyalah karya fiksi dan sangat pantas dinikmati bagi mereka penyuka creepypasta. Namun bagi mereka yang menganggap bahwa yayasan ini benar-benar ada tentu menjadi sesuatu yang menarik untuk dipelajari—bagaimana mungkin di zaman yang sudah modern ini masih ada objek anomali yang tidak bisa dijelaskan dengan ilmu pengetahuan?

Bagaimanapun itu, ini hanyalah opini saya yang sama sekali tidak bermaksud menyinggung siapapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar